.com

Apa Itu PlayerUnknown's BattleGrounds atau PUBG?

f g+ t
Publikasikan :
Apa Itu PlayerUnknown's BattleGrounds atau PUBG?
PUBG atau PlayerUnknown's BattleGrounds merupakan permainan atau game perang beraliran FPS (First Person Shooter) dan online multiplayer, dimana semua pemain yang ada harus saling membunuh sampai hanya tersisa satu pemain yang menjadi pemenang.

Pada awal permainan seorang pemain dapat mencari lokasi tujuan pendaratan dengan cara terjun payung melalui pesawat dan harus segera mencari senjata tepat setelah mendarat. Karena berawal dengan tangan kosong, pemain diharuskan mencari senjata, baju pelindung, dan pengobatan yang diperlukan untuk berjuang menghadapi pemain lain dan menjadi satu-satunya pemain yang dapat bertahan hidup untuk memenangkan permainan.

Inti permainan Player Unknown's Battle Grounds bukanlah menjadi pemain yang memperoleh skor terbanyak dalam membunuh pemain lain, melainkan menjadi pemain yang dapat membunuh pemain terakhir. Namun dalam game PUBG kita bisa bermain sebagai tim atau squad (satu tim maksimal berisi 4 orang pemain). Jadi dalam hal ini pemenang bukanlah milik satu orang pemain atau solo tetapi kemenangan suatu tim.

On game - Apa Itu PlayerUnknown's BattleGrounds atau PUBG
Gambar 1. PlayerUnknown's BattleGrounds

Map atau medan perang di game PlayerUnknown's BattleGrounds adalah sebuah pulau yang berbatasan langsung dengan laut. Di pulau tersebut terdapat berbagai alat transportasi seperti mobil, kapal, dan motor atau sepedamotor. Pulau yang luas memberikan banyak pilihan lokasi untuk melakukan penerjunan. Dalam permainan  Player Unknown's Battle Grounds, area yang luas akan dipersempit secara perlahan-lahan oleh area biru atau lingkaran biru.

Bisa dilihat di peta dimana area biru berupa lingkaran yang semakin lama semakin kecil. Berada di luar lingkaran biru akan mengurangi darah pemain. Secara tidak langsung area biru berguna untuk mempercepat durasi permainan. Semakin lama permainan juga akan semakin mempersempit lingkaran biru. Seiring berjalannya waktu, area biru akan menggiring para pemain untuk bertemu pada area yang sangat kecil.

Pembuat Game PUBG


Brendan Greene atau yang lebih dikenal dengan nama 'Playerunknown' adalah pembuat game PUBG. Iya, nama PUBG berasal dari nama-pengguna atau username dari pembuatnya. Beliau merupakan seorang pelopor permainan yang beraliran atau ber-genre Battle Royal. Dari genre tersebut Brendan Greene sudah menciptakan 2 game yaitu ARMA dan H1Z1 : King of The Kill.

Dua game tersebut sudah dirilis terlebih dulu dan kemudian pada 23 Mar 2017 game PlayerUnknown's BattleGrounds baru dipublikasikan oleh Bluehole. Ketiga game tersebut memiliki persamaan aliran dan sistem atau gaya permainan.

Brendan Greene - Apa Itu PlayerUnknown's BattleGrounds atau PUBG
Gambar 2. Brendan Greene

Spesifikasi Game PUBG


Beberapa persyaratan sistem atau system requirements yang dibutuhkan Player Unknown's Battle Grounds adalah harddisk sebesar 30 GB dan prosesor Intel Core i3. Untuk lebih detailnya berikut ini adalah spesifikasi minimum suatu komputer untuk bisa memainkan PlayerUnknown's BattleGrounds :
  1. Kartu grafis :  AMD Radeon HD 7850 2GB atau nVidia GeForce GTX 660 2GB 
  2. Sistem operasi : 64-bit Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10
  3. CPU :  AMD FX-6300 atau Intel Core i3-4340 
  4. Jaringan : Internet Broadband
  5. Memori : 6 GB RAM
  6. DirectX : Versi 11
  7. Harddisk : 30 GB

Dari pihak PUBG hanya mempublikasikan spesifikasi minimum seperti yang tertulis di atas. Belum ada informasi mengenai spesifikasi rekomendasi atau recommended spec. Spesifikasi rekomendasi adalah spesifikasi yang sangat disarankan agar game Player Unknown's Battle Grounds bisa berjalan secara optimal.