.com

Penyebab Koneksi Modem Smartfren Lambat

f g+ t
Publikasikan :
koneksi internet modem smartfren lemot lambat
Kenapa pada bulan Maret 2013 koneksi internet dari modem smartfren terasa lemot? tanya pengguna Smartfren. Pihak Smartfren menjelaskan bahwa putusnya kabel jaringan pada rute cadangan sekaligus rute inti menyebabkan adanya gangguan layanan yang dialami Smartfren.

Jangkar kapal minyaklah penyebab putusnya kabel submarine, hal tersebut terjadi di antara Pulau Batam dan Pulau Bangka di hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2013 sekitar jam 8 malam yang berlanjut di hari berikutnya yaitu tanggal 24, 25, 26 dimana hal tersebut menyebabkan gangguan pada layanan yang disediakan oleh penyedia layanan telekomunikasi berbasis CDMA EV-DO Rev. B Phase 2. Jaringan tersebut adalah jalur inti dari jaringan Smartfren khususnya jaringan internet yang menuju ke Singapura sebelum menuju internet global. Layanan internet masih bisa beroperasi lewat dua sisi, rute timur dan barat pada jaringan backup trans Sumatera pada saat itu. Tetapi  dikarenakan suatu konstruksi dari pihak lain rute barat menjadi terputus, begitu juga rute timur, terputus disebabkan oleh lengsernya tanah di daerah Palembang. Hal tersebut menyebabkan kapasitas data yang bisa dilayani oleh Smartfren hanya sekitar 10% dari kapasitas biasa, resiko penurunan layanan bagi pelanggan data,  namun beberapa layanan bisa beroperasi normal, seperti layanan Blackberry, SMS dan telepon.

"Usaha keras dari tim Smartfren tengah dilakukan sekarang agar dapat mengembalikan kapasitas jaringan, dengan menambah jaringan pihak ketiga diharapkan agar bisa secepatnya berjalan di hari Selasa ini dan bisa memenuhi kapasitas sebanyak 50%. Dan begitu pula dengan 1 jalur yang terputus di Sumatera agar bisa berjalan kembali pada Selasa malam. Kita memohon maaf dengan adanya gangguan pada layanan. Akan tetapi kita tetap berkomitmen agar selalu dengan cepat melakukan pelayanan dengan kualitas paling baik dan terjangkau bagi penduduk Indonesia." Kata Direktur Smartfren, Merza Fachys.

Dan akhirnya tertanggal 26 Maret 2013 hari Selasa pada sore hari sekitar jam 3. Diberitahukan oleh pihak Customer Care Smartfren bahwa layanan internet bisa digunakan lagi. Pemberitahuannya sebagai berikut:
Pelanggan yang terhormat, saat ini layanan internet kami sudah dapat kembali digunakan. Dan kami akan terus memonitoring stabilitas layanan yang diberikan. Layanan internet diperkirakan akan kembali normal sepenuhnya hari ini. Terima kasih untuk tetap bersama kami. Dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gangguan layanan yang telah terjadi.

Rabu, 27 Maret 2013, sekitar jam 7 pagi, layanan internet mulai membaik mendekati kecepatan seperti biasanya. Beberapa situs sudah bisa dikunjungi walaupun masih agak lambat. Ini membuktikan komitmen dari Direktur Smartfren bahwa Smartfren melayani dengan cepat dan berkualitas sekaligus terjangkau.

Sumber: smartfren.com

Artikel terkait
  1. Info Smartfren Lambat Bulan April 2013
  2. Sampaikan Protes Keluhan ke Smartfren
Jika anda mempunyai permintaan, saran dan kritik silahkan berkomentar. Terima kasih telah berkunjung di D-dig.