.com

Memberi Dukungan Pada Hal Yang Salah - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Memberi Dukungan Pada Hal Yang Salah - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Memberi dukungan pada hal yang salah merupakan salah satu dari 37 kebiasaan buruk orang tua. Berdasarkan penelitian otak, hal-hal negatiflah yang memang menjadi perhatian otak kita. Pada dunia anak dan orang tua juga terjadi demikian. Ketika anak melakukan hal yang tidak baik, justru hal seperti itu yang sering menjadi kita menjadi lebih perhatian pada anak.

Contohnya, kita akan mengacuhkan gadget ketika anak sedang berkelahi. Atau kita akan tergerak untuk memberi perhatian, memberi nasehat dan mengomel ketika anak melakukan perusakan terhadap sesuatu. Malah kita memberi respon biasa saja ketika anak memperlihatkan perilaku yang bagus.

Mereka akan berpikir bahwa mereka harus melakukan suatu hal yang kurang bagus agar diberi perhatian oleh kita. Bagaimana kalau sudah begini.

Memberi Dukungan Pada Hal Yang Salah - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Ketika melakukan tindakan yang bagus, beri mereka sanjungan atau penghargaan. Contohnya ketika mereka mau saling berbagi, rukun saat bermain. Atau ketika mereka melakukan sesuatu yang simpel, misalnya ketika anak membuang sampah pada tempatnya.

Utarakan perasaan kita. Misal :

"Ibu senang melihat Tina bisa membuang sampah pada tempat sampah setelah makan!"

Mereka pasti akan gembira dan akan bersedia melakukannya lagi.