.com

Merendahkan Diri Sendiri / Merendahkan Pasangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Merendahkan Diri Sendiri / Merendahkan Pasangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Merendahkan diri sendiri / merendahkan pasangan adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Ketika anak lebih memilih bermain gadget daripada belajar, apa yang anda lakukan? Mungkin kita sering memberitau kepada mereka, "Hei.. berhenti bermain gadget, nanti dimarahin Ayah loh kalau pulang kerja!" Atau dengan pernyataan lain, akan tetapi tetap memakai figur yang oleh anak-anak memang ditakuti. Seperti pernyataan ancaman di atas adalah saat yang ditakuti adalah figur Ayah.

Lihat pada kalimat ancaman tersebut. Secara tidak sadar kita telah mendidik anak bahwa hanya Ayah lah yang bisa menghentikan mereka bermain gadget, hal ini berarti hanya figur Ayah lah yang ditakuti. Oleh karena itu jangan penasaran apabila anak tidak memperhatikan ucapan kita karena kita tidak bisa menghentikan mereka bermain gadget.

Merendahkan Diri Sendiri / Merendahkan Pasangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Sebelum memberitau, persiapkan aturan main. Ketika sudah siap, mendekat ke anak, pandang matanya, serta beritaukan dengan bernadakan keseriusan bahwa kita mau dia segera berhenti bermain atau berilah pilihan, contoh

"Nak, Ayah/Ibu ingin kamu mandi. Mau mandi lima menit lagi atau sekarang?"

Jika jawabannya lima menit lagi, maka kita lanjutkan dengan kesepakatan.

"Oke. Kita sepakat kamu akan mandi setelah lima menit dari sekarang. Namun, bila tidak berhenti bermain setelah 5 menit, maka terpaksa gadget kamu akan Ayah/Ibu sita selama 2 hari".

Pas setelah lima menit, dekati lagi anak anda, pandang matanya dan bilang bahwa sudah lima menit, tanpa ada kompromi atau tawar menawar. Bila sang anak tidak mengindahkan, lakukan konsekuensi sesuai kesepakatan dengan segera.