.com

Selalu Menuruti Permintaan Anak - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Selalu Menuruti Permintaan Anak - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Selalu menuruti permintaan anak adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Terutama jika anak kita merupakan anak semata wayang (anak tunggal), atau anak yang spesial atau yang biasa dikenal dengan sebutan anak emas, anak yang mendapatkan perlakuan khusus dikarenakan suatu hal, bisa dikarenakan anak tersebut adalah satu-satunya anak yang memiliki kelebihan dari anak lainnya, atau bisa karena ada alasan-alasan lain. Perlakuan khusus dari orang tua yang paling umum adalah menuruti semua keinginan dari sang anak. Perlakuan tersebut disebut pola asuh open bar.

Perlakuan seperti ini bisa menumbuhkan sifat anak yang suka menuntut hal-hal yang kuat dan aneh, akan sulit untuk merubahnya jika sudah menjadi kebiasaan. Juga akan membentuk sifat negatif yang lain pada anak, yaitu sifat kurang bisa bersosialisasi, tidak memiliki toleransi, dan sifat yang sangat egois.

Selalu Menuruti Permintaan Anak - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Tidak perlu memberikan perlakuan pola asuh open bar pada anak, apapun alasannya. Jika kita sayang, jangan diungkapkan dengan menuruti semua keinginannya, tetapi kita harus bisa memberi penjelasan tentang hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk, yang benar dan yang salah, yang boleh dan yang dilarang.

Jika kita salah mengungkapkan rasa sayang kita dengan perilaku yang open bar, maka kita akan membentuk sifat egois terhadap anak. Anak yang seperti ini yang biasanya disebut dengan anak manja.