.com

Menghukum Anak Saat Kita Marah - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Menghukum Anak Saat Kita Marah - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Menghukum anak saat kita marah adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Pada saat kita berada dalam kondisi emosi yang tinggi, jangan pernah melakukan pemberian hukuman atau sanksi terhadap anak, kita harus selalu ingat dan perhatikan hal ini.

Ketika emosi kita sedang memuncak semua perkataan yang kita sampaikan, apapun bentuknya, baik itu berupa hukuman ataupun kata-kata seringkali akan bersifat menghakimi dan menyakiti, hal tersebut tidak menjadikan sang anak lebih baik.

Sang anak akan selalu mengingat peristiwa tersebut walaupun dia sudah menjadi orang dewasa. Perasaan dendam bisa timbul pada seorang anak terhadap orang tuanya disebabkan oleh karena sang anak sering diberi perlakuan yang keterlaluan.

Menghukum Anak Saat Kita Marah - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Carilah cara yang ampuh untuk bisa mendinginkan kepala panas kita dengan segera. Segeralah menghindar dari sang anak ketika kita sedang marah sekali.

Kecenderungan saat kita marah adalah kita akan memberikan sanksi yang sangat berat pada anak yang hanya akan memunculkan sifat pemberontakan yang baru dan lebih kuat pada sang anak. Hal tersebut berlawanan dengan maksud dari pemberian hukuman yang bertujuan agar sang anak bisa mengerti dan sadar akan perilaku jeleknya.

Sebaiknya kita memberi sanksi di saat kondisi amarah kita sudah reda, pikirkan terlebih dahulu kata-kata yang perlu kita sampaikan, berilah sanksi yang tepat dan mendidik sesuai kesalahan yang dilakukan. Cukup beri hukuman yang mengurangi aktifitas atau hobi yang disenanginya, misalnya mengurangi waktu bermain sepeda, atau waktu berenangnya.