.com

Menghukum Secara Fisik - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Menghukum Secara Fisik - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Menghukum secara fisik adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Tindakan fisik dari orang tua bisa terjadi ketika kita sebagai orang tua berada pada situasi kesal atau marah. Situasi tersebut membuat kita sangat sensitif, termasuk terhadap sifat anak. Akibatnya kita mulai meresponnya dengan mengucapkan perkataan dengan nada tinggi, kemudian lebih parah lagi yaitu dengan melukai anak melalui tindakan fisik.

Kebiasaan tersebut secara tidak langsung telah mengajarkan anak dan membentuk sifatnya menjadi anak yang sadis, sering melukai orang lain dan melakukan pembangkangan secara destruktif.

Bisa kita lihat dengan memperhatikan ketika mereka sedang berkumpul dengan teman-temannya. Mungkin anda tidak percaya, kebiasaan orang tua yang suka memukul akan ditiru oleh sang anak. Anak yang sering memukul temannya seringkali merupakan anak yang kerap dipukuli oleh orang tua mereka.

Menghukum Secara Fisik - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Jangan lakukan hukuman fisik terhadap anak, seperti menampar, memukul, dan mencubit. Bahkan jangan pernah melakukannya dengan alat, misalnya mencambuk / memukul dengan sabuk, sabetan, rotan dan cambuk.

Pakailah kata-kata melalui komunikasi, apabila dengan cara komunikasi belum berhasil maka lakukanlah evaluasi diri terlebih dahulu. Carilah kebiasaan-kebiasaan kita yang kurang benar, yang sudah kita lakukan dan mengakibatkan sang anak berperilaku jelek.