.com

Paling Tahu Dan Paling Benar - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Paling Tahu Dan Paling Benar - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Paling benar dan paling tahu segalanya adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Kecuali anda berada pada masa egosentris. Definisi dari egosentris adalah masa natural seorang anak pada umur 1-3 tahun. Masa dimana seorang anak merasa dirinya yang paling benar dan selalu ingin memaksakan sesuatu sesuai keinginannya. Namun jangan salah, masa ini ternyata masih dimiliki oleh sebagian besar orang tua.

Kalimat yang biasanya diucapkan oleh orang tua, "Hei.. perlu kamu tau, Ibu/Ayah punya pengalaman lebih banyak daripada kamu, jadi jangan sok tau." Atau, "Kamu itu masih kecil, kok sudah merasa tau  segalanya tentang hidup."

Akibat dari kebiasaan tersebut adalah tersendatnya hubungan komunikasi dengan anak. Jika inti dari perlakuan kita kepada anak adalah hanya untuk memperlihatkan superioritas kita, tidaklah perlu dengan cara yang sombong. Karena semua orang pasti tidak akan pernah menuruti nasihat dari seseorang yang sombong.

Paling Tahu Dan Paling Benar - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Memang pada jaman dahulu, besarnya pengalaman akan pengetahuan diukur dari umur. Tetapi pada jaman sekarang umur bukanlah lagi menjadi tolak ukur, melainkan seberapa cepat dan besarnya informasi yang didapat. Apalagi sekarang informasi sudah mudah dan cepat untuk dicari melalui internet.

Jadi hentikanlah kebiasaan untuk merasa sok tau dan sok hebat. Kita juga masih perlu mendengarkan saran dari orang lain, termasuk anak kita sendiri.