.com

Saling Melempar Tanggung Jawab - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Saling Melempar Tanggung Jawab - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Saling melempar tanggung jawab adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Ada banyak tanggung jawab yang harus ditanggung oleh kedua orang tua, terutama dalam hal mengajar anak. Hal ini membutuhkan kerjasama bukan saling menyalahkan karena salah satu pihak dirasa kurang bertanggung jawab.

Jika hal tersebut terjadi maka proses pendidikan tidak akan sesuai dengan keinginan. Kondisinya akan semakin parah jika sang anak juga melakukan perlawanan, kedua orang tua akan mulai saling menyalahkan. Ucapan yang biasanya diutarakan, "kamu tidak bisa mendidik anak", dan akan selalu di respon dengan mencari kesalahan "Enak aja, kamu sendiri kemana aja?"

Saling Melempar Tanggung Jawab - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Masalah tidak akan selesai bila kebiasaan tersebut terus dilakukan oleh kedua orang tua. Dan sang anak pasti akan berpikir bahwa sifat buruknya merupakan ketidak mampuan salah satu orang tuanya, bukan karena kesalahannya sendiri. Sang anak akan merasa terbela dan sifat buruknya semakin menjadi-jadi.

Yang Seharusnya Dilakukan.


Stop kebiasaan untuk saling menyalahkan. Kegagalan ataupun keberhasilan dari pendidikan seoarang anak ada di tangan kedua orang tua. Jadi kedua belah pihak harus saling mengimbangi dalam menanggung tanggung jawab. Laksanakan tanggung jawab dengan cara bekerja sama sebagai tim. Tidak ada lagi alasan tidak punya waktu, dalam 24 jam pasti ada waktu luang, gunakan sebisa kita. Atur waktu dan selalu kompak dengan pasangan kita. Tidak perlu menyalahkan orang lain, jika kita belum intropeksi diri kita sendiri.