.com

Mengejek - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Mengejek - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Mengejek merupakan salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Kebiasaan orang tua untuk menggoda kebanyakan terjadi sejak sang anak masih bayi. Hal tersebut mungkin membuat mereka gembira pada masa itu.

Semakin besar seorang anak akan semakin mengerti, suatu godaan bisa dianggap perbuatan bully, walaupun sebenarnya maksud dari orang tua adalah sebagai hiburan untuk dirinya sendiri atau mereka berdua, ataupun orang lain. Jika kebiasaan tersebut terus berlanjut, sang anak akan merasa kesal.

Di saat anak meminta orang tua untuk menghentikan godaannya, respon orang tua malah sebaliknya, yaitu semakin senang karena berhasil membuat anak malu atau kesal. Hal ini akan membuat sang anak benci dan mulai tidak menghormati kita. Jangan kaget jika suatu saat mereka akan berbuat tidak sopan kepada kita.

Mengejek - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Apa yang seharusnya kita lakukan?


Tetap jalinlah hubungan baik dengan rasa hormat. Jika ingin dihormati, hormatilah mereka. Apabila kita ingin melakukan hal yang bermaksud untuk bercanda. Jangan memilih topik yang membuat mereka malu atau membuat mereka merasa direndahkan.

Sekali-kali jadikan diri sebagai badut untuk ditertawakan, tapi jangan sampai melebihi batas. Hal tersebut akan membuat anak tetap menghormati kita setelah kegiatan bercanda usai.

Hindari materi bercanda yang dapat merendahkan anak dan membuatnya kesal. Caranya dengan melihat ekspresinya. Bila terlihat tidak senang dan ingin menghentikannya. Segera hentikan dan jika dirasa keterlaluan serta perlu permintaan maaf, lakukanlah. Sampaikan ke anak bahwa kita tidak bertujuan untuk memalukannya dan kita berjanji tidak akan mengulanginya lagi.