.com

Televisi Sebagai Agen Pendidikan Anak - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Membiarkan anak menjadikan televisi sebagai pendidiknya merupakan salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Kebanyakan televisi digunakan sebagai media hiburan suatu keluarga di dalam rumah. Tetapi televisi juga bisa mengancam tumbuh kembang anak ketika kita tidak bisa mendampingi anak secara bijaksana dalam menonton televisi.

Dan seringkali bukan anak yang didampingi orang tua dalam menonton televisi tetapi kebalikannya, orang tualah yang didampingi sang anak. Hal tersebut terjadi karena tayangan televisi untuk anak jauh lebih sedikit jika dibandingan dengan tayangan televisi yang diperuntukkan oleh orang dewasa.

Dalam beberapa kasus, seorang anak bisa melakukan tindakan kriminal disebabkan karena sang anak terinspirasi oleh acara televisi yang kemudian ditiru dan diterapkannya di kehidupan nyata.


Yang Seharusnya Dilakukan


Karena televisi bisa mengakibatkan hal-hal yang buruk pada anak, sebaiknya orang tua harus melakukan beberapa hal berikut :
  1. Pilihkan program televisi yang berkualitas seperti film dokumenter atau pengetahuan yang bersifat mendidik, menantang ataupun yang memberikan pesan moral.
  2. Sampaikan maksud dari tayangan yang baru saja ditonton ketika televisi memasuki waktu iklan.
  3. Berilah batas waktu untuk menonton televisi. Untuk anak berusia dibawah 3 tahun, lebih baik perbolehkan menonton televisi tidak lebih dari setengah jam dalam sehari.
  4. Jangan tempatkan televisi di dalam kamar anak. Bisa menyebabkan kecanduan pada anak.