.com

Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner

f g+ t
Publikasikan :
Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Entah kapan tepatnya tapi di tahun 2016 ini ternyata Google sudah melakukan perubahan pada cara pemakaian Keyword Planner, khususnya bagi pengguna (user) baru yang telah membuat akun AdWords untuk pertama kali.

Pengguna baru diharuskan terlebih dahulu mengisi formulir (form) pembuatan kampanye iklan pertama (first campaign) disertai dengan mengisi formulir pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini berbeda dengan pengguna lama yang bisa langsung menuju ke halaman Keyword Planner Tool.

Jika Anda pengguna lama Keyword Planner tetapi mencoba untuk menggunakannya dengan memakai akun baru pasti sempat merasa frustrasi dan bertanya-tanya "Kenapa Keyword Planner sekarang menjadi lebih sulit penggunaannya? Bagaimana cara atau solusinya?" Jika Anda mempunyai akun lama AdWords, maka lebih baik pergunakan akun tersebut jika hanya ingin melakukan riset secara cepat.

Bagi pengguna baru mungkin belum mengenal apa itu Keyword Planner. Keyword Planner adalah salah satu fitur atau alat (tool) yang ada di AdWords, dimana alat tersebut digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Sedangkan AdWords, AdWords merupakan jasa periklanan milik Google. Ada alat populer lain yang juga disediakan oleh Google, dimana alat tersebut juga digunakan untuk mencari kata kunci yang banyak dicari, yaitu Google Trends.

Kembali ke topik tentang cara menggunakan Google Keyword Planner Tool bagi pengguna baru. Agar bisa memakai alat Keyword Planner secara langsung dan mudah dapat dilakukan melalui akun AdWords MCC (My Client Center).

AdWords MCC biasanya digunakan oleh agensi atau konsultan yang memegang beberapa akun pengiklan. Akun AdWords MCC tidak diwajibkan untuk membuat iklan pertama dan mengisi informasi pembayaran terlebih dahulu. Untuk membuat akun AdWords MCC diperlukan email baru yang belum terdaftar di AdWords maupun di AdWords MCC. Jika memakai email yang pernah digunakan untuk mendaftar maka nanti akan muncul peringatan seperti di bawah ini.

This email address already has access to an AdWords account and cannot be reused.

Cara terbaru melakukan riset Keyword Planner gratis melalui AdWords MCC :
  1. Membuat akun AdWords MCC. Silahkan menuju ke halaman AdWords MCC
  2. Klik tombol Sign up for free
  3. Jika ada masalah tentang persyaratan AdWords mengenai umur, maka terlebih dahulu ubahlah tahun lahir anda di Ulang tahun (syarat usia : minimal 18 tahun)
  4. Muncul formulir. Isi nama, misal : Ardilas.com [gambar 1]
  5. Pilih To manage other people's accounts.
  6. Centang Yes, I agree to the above Rules of Use
  7. Klik tombol Save and continue
  8. Klik tombol Account » New AdWords account (Akun » Akun AdWords baru)
  9. Isi nama, misal : Riset [gambar 2]
  10. Klik tombol Create account
  11. Melakukan riset suatu kata kunci. Pilih akun yang telah dibuat [gambar 3]
  12. Klik menu Tools » Keyword Planner (Alat » Perencana Kata Kunci). Jika anda merupakan pengguna lama, langkah berikutnya pasti anda sudah paham [gambar 4]
  13. Pilih Search for new keywords using a phrase, website or category [gambar 5]
  14. Isi kata kunci, misal : bunga mawar
  15. Pilih negara target riset : Indonesia
  16. Pilih bahasa target riset : Indonesian
  17. Klik tombol Get Ideas (Dapatkan ide)
  18. Muncul data hasil riset [gambar 6]
  19. Jika ingin meriset kata kunci baru, ketik atau ganti kata kunci dan klik tombol Get ideas
  20. Untuk mengetahui kata kunci paling populer atau paling banyak dicari yaitu dengan cara mengurutkan angka pencarian perbulan klik Avg. monthly searches (Penelusuran bulanan rata-rata), klik sekali lagi untuk membalikkan urutan menjadi dari angka terkecil ke angka terbesar.

Informasi dasar form - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 1. Formulir informasi dasar

Create account - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 2. Membuat akun klien AdWords

Daftar akun klien - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 3. Daftar akun klien

Menu Tools, keyword planner - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 4. Menu Tools

Meriset - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 5. Melakukan riset

Data riset, Pengurutan, Riset baru - Cara Terbaru Riset Menggunakan Google Keyword Planner
Gambar 6. Data riset


Langkah nomer 1 sampai 6 adalah pembuatan akun AdWords MCC. Sedangkan nomer 8 sampai 10 merupakan pembuatan akun klien AdWords. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa AdWords MCC adalah akun yang digunakan untuk menangani beberapa klien-klien pengiklan. Jadi Anda bisa membuat lebih dari satu akun klien dengan melakukan langkah nomer 8 - 10 lebih dari satu kali.

Untuk langkah nomer 11 sampai 19 adalah cara melakukan riset terhadap suatu kata kunci. Di data hasil riset bisa dilihat, terdapat Avg. monthly searches, Keyword (by relevance) atau Kata kunci (menurut relevansi).

Dan ada satu hal yang sering membingungkan bagi hampir semua pemakai Keyword Planner, yaitu Competision (Persaingan). Perlu diperhatikan bahwa angka Persaingan ini adalah angka banyaknya pesaing antar sesama pengiklan, bukan angka persaingan di hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page).

Catatan
Tools : Alat
Form : Formulir
Get ideas : Dapatkan ide
User : Pengguna, pemakai
Sign up : Daftar, membuat akun
Keyword planner : Perencana kata kunci

Kata kunci : cara terbaru mengetahui riset research kata kunci keyword populer yang paling sering banyak dicari dengan menggunakan memakai google keyword planner tools