.com

Cara Mengirim Kontak Line di Smartphone & Komputer

f g+ t
Publikasikan :
Cara Mengirim Kontak Line di Smartphone & Komputer
Untuk menambahkan contact atau kontak teman di Line syaratnya harus mengetahui nomer telepon atau ID Line dari teman tersebut. Kalau sudah mendapatkan nomer handphone atau ID Line, langkah pertama kita buka fitur pencarian teman, lalu lakukan pencarian. Setelah ditemukan akun yang dicari, klik tombol Tambah atau Add. Tetapi seringkali terjadi kesalahan pada pencarian ID Line ataupun nomer telepon. Entah itu karena lupa atau salah mengisi pada kolom pencarian.

Untuk mengatasi hal tersebut ada fitur Line yang dapat membantu para penggunanya agar bisa mendapatkan kontak yang tepat, cepat dan mudah. Dengan kondisi atau syarat kita memiliki teman (sebut saja Pengirim) yang mempunyai kontak teman atau kontak target yang kita cari (sebut saja Target). Dan kita (sebut saja Penerima) yang meminta Pengirim untuk send contact atau mengirimkan kontak Target.

Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan Pengirim agar dapat memberikan kontak Target kepada Penerima. Tidak hanya itu, sebelumnya perlu diketahui bahwa Line tidak hanya disajikan hanya pada smartphone tetapi juga pada komputer (baik PC ataupun laptop). Jadi di sini akan dijelaskan cara mengirim kontak Line pada smartphone maupun komputer.

 Daftar teman. Bagikan kontak. Tombol Bagikan - Line komputer - Cara Mengirim Kontak Line di Smartphone & Komputer
Gambar 1. Aplikasi Line komputer

Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa yang harus melakukan hal ini adalah Pengirim. Berikut adalah cara mengirim kontak Target kepada Penerima melalui aplikasi Line di komputer :
  1. Buka aplikasi Line di komputer
  2. Pastikan yang terbuka adalah daftar Teman. Daftar ini juga merupakan daftar yang tampil pertama kali ketika aplikasi Line dijalankan. [gambar 1.a]
  3. Klik kanan pada salah satu kontak Target > Bagikan Kontak atau Share Contact  [gambar 1.b]
  4. Pilih salah satu Penerima. Klik tombol Bagikan atau Share [gambar 1.c]
  5. Selesai. Kontak Target muncul di chat Penerima

Kenapa selalu disebutkan hanya 'salah satu'? Karena memang hanya bisa mengirim satu Target dan hanya bisa mengirim kepada satu Penerima. Jadi tidak bisa melakukan pengiriman kontak secara masal, harus dilakukan satu-persatu.

Tombol chat. Tombol contact copy - Cara Mengirim Kontak Line di Smartphone & Komputer
Gambar 2. Tampilan salah satu Teman (kiri). Menu-menu dari tombol + (kanan)

Ada beberapa perbedaan antara aplikasi Line di komputer dengan aplikasi Line di smartphone. Baik perbedaan pada fitur, menu, maupun tata letaknya. Tidak terkecuali cara berikut ini, yaitu cara mengirim kontak Target kepada Penerima melalui aplikasi Line di smartphone :
  1. Buka aplikasi Line di smartphone
  2. Buka daftar Teman
  3. Pilih salah satu Penerima
  4. Tekan tombol Chat [gambar 2.a]
  5. Tekan tombol + yang berada di pojok kiri bawah
  6. Tekan tombol Contact [gambar 2.b]
  7. Pilih Line friend
  8. Pilih salah satu kontak Target
  9. Tekan tombol Select
  10. Selesai. Kontak Target muncul di chat Penerima

Jika dilihat, ada perbedaan antara Line di smartphone dan komputer untuk melakukan pengiriman kontak. Pada Line di komputer, kita memilih Target terlebih dahulu untuk kemudian dikirimkan kontaknya kepada Penerima. Sedangkan Line di smartphone, kita memilih Penerima terlebih dahulu  untuk mengirimkan kontak Target.