.com

Cara Memasang Ekstensi Line di Browser Chrome - Komputer

f g+ t
Publikasikan :
Logo Cara Memasang Ekstensi Line di Browser Chrome - Komputer
Pemakaian Line di komputer atau PC maupun laptop bisa melalui 2 cara, yaitu dengan menggunakan 'aplikasi Line' dan melalui browser Chrome. Di bawah akan dijelaskan cara memasang ekstensi atau tambahan pada Chrome, lebih tepatnya yaitu menambahkan ekstensi Line di Chrome.

Jika anda ingin mengetahui cara unduh dan install 'aplikasi Line' di komputer, silahkan lihat Cara download dan install aplikasi Line di komputer.

Kembali ke topik utama. Mungkin ada yang belum paham mengenai Chrome. Chrome adalah aplikasi browser yang dibuat oleh Google dan merupakan salah satu browser terkenal yang digunakan untuk browsing atau berselancar di dunia maya. Browser lain yang populer selain Google Chrome, yaitu Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer atau Microsoft Edge.

Sedangkan extension atau ekstensi dari Chrome merupakan aplikasi tambahan yang dibuat oleh pihak  atau orang yang ingin berkontribusi sebagai pengembang di Chrome Web Store atau Toko Web Chrome.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Line di komputer lebih direkomendasikan dengan memakai aplikasi Line, bukan melalui browser Chrome. Karena masih terdapat beberapa masalah atau error pada ekstensi Line yang berukuran 4.94 MB ini. Tapi walaupun mempunyai kekurangan, pengguna ekstensi Line sudah mencapai angka 2 juta pengguna. Update terakhir dari ekstensi Line ini yaitu pada 17 Januari 2017 (versi 1.4.10).

Ekstensi Line di Chrome Web Store. Tombol Add To Chrome. Cara Memasang Ekstensi Line di Browser Chrome - Komputer
Gambar 1. Ekstensi Line di Chrome Web Store

Untuk melihat komentar-komentar dari pengguna ekstensi Line secara langsung bisa menuju ke Review Line. Sebagai informasi, berikut ini beberapa kutipan komentar tentang ekstensi Line yang kita terjemahkan ke Bahasa Indonesia.

M. McKenna 30 Januari 2017

Aplikasi yang buruk karena tidak berjalan di Chrome melainkan di windows yang terpisah. Saya berharap saya tidak harus menggunakannya.

PuzzleHunter Ibmthi 27 Maret 2017

Bagus untuk digunakan di rumah, tetapi sering bermasalah pada Chrome untuk beberapa alasan. Mungkin saya harus menggunakan versi Windows-nya walaupun sebenarnya saya menyukai versi Chrome.

Tyler Kinkade 20 Februari 2017

Di mana emoji nya? Saya melihat adanya stiker tapi tidak dengan emoji. Tampilan saran akan lebih bagus. Hal ini bagi pengguna Linux bisa dibilang lebih baik daripada tidak ada sama sekali, meskipun tidak sebagus aplikasi Windows-nya.

Hary Bowo 26 Januari 2017

Aplikasi yang bagus, mohon dikembangkan juga. Terima kasih.

Ada yang menyambutnya dengan baik ada juga yang berkomentar kurang bagus. Tergantung kebutuhan pemakaian dan ekspektasi dari masing-masing pengguna. Daripada penasaran lebih baik kita coba sendiri dengan terlebih dahulu memasang ekstensi Line ini.

Berikut ini adalah cara memasang ekstensi Line di Chrome :
  1. Buka aplikasi browser Chrome.
  2. Buka website Chrome Web Store di chrome.google.com dan cari Line. Atau langsung saja klik Line Chrome.
  3. Klik tombol 'Add to Chrome' yang berada di pojok kanan atas [gambar 1]
  4. Muncul pertanyaan, klik tombol 'Add app' atau 'Tambahkan aplikasi'.
  5. Tunggu proses penambahan aplikasi Line di Chrome.
  6. Jika selesai akan muncul tab Apps disertai munculnya ikon baru, yaitu Line [gambar 2]
  7. Selesai. Untuk membuka Line, silahkan klik ikon Line tersebut.

Tampilan tab Apps serta menu bookmark Apps dan ikon Line - Komputer
Gambar 2. Tampilan tab Apps

Pada Chrome, tombol Apps yang berisi ikon Line ada di bagian menu Bookmark yang terletak di pojok kiri atas, di bawah kolom URL atau kolom alamat situs. Jika tombol Apps tidak berada di menu Bookmark dan anda kesulitan untuk mengakses Apps. Maka yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan menu Bookmark muncul di bawah kolom url. Caranya tekan tombol kombinasi keyboard Ctrl + Shift + B atau klik tombol 'titik 3' yang berada di pojok kanan atas, di bawah tombol x (untuk menutup aplikasi Chrome) » Bookmarks » Show bookmarks bar
  2. Pada bagian kosong dari menu Bookmark, klik kanan » Show apps shortcut.
  3. Selesai. Tombol Apps akan muncul di menu Bookmark, di bawah kolom URL [gambar 2]

Ada satu lagi cara untuk membuka Apps. Cara alternatif ini sebenarnya bisa dilihat pada [gambar 2] di kolom URL, di situ terlihat tulisan 'chrome://apps'. Sudah paham? Iya, cukup mengetikkan 'chrome://apps' pada kolom URL lalu tekan Enter pada keyboard. Maka tampilan Apps akan terlihat seperti di Gambar 2.