.com

Apa Itu Free Fire - Battlegrounds? Game Android Ios

f g+ t
Publikasikan :
Free Fire adalah game atau permainan peperangan beraliran Battle Royale dan TPS (Third Person Shooter) yang mempertemukan 50 sampai 52 pemain di dalam satu map yang luas, dimana setiap pemain diharuskan agar saling membunuh dan menjadi satu-satunya orang yang bisa bertahan hidup untuk menjadi pemenang.

Gameplay Free Fire sama seperti permainan lain yang juga beraliran Battle Royal, seperti PUBG (Player Unknown Battle Grounds), Fortnite, ataupun ROS (Rules of Survivor), dimana seluruh pemain diterjunkan melalui pesawat dan bebas memilih target lokasi penerjunan. Seorang pemain harus mencari senjata dan alat medis di tempat penerjunan agar bisa melawan pemain lain dan bertahan hidup.

Di tengah-tengah permainan akan ada pesawat yang melintas dan menerjunkan Airdrop berupa kotak besar yang berisi vest atau rompi anti peluru, helm, peluru, senjata spesial seperti AWM, Groza [gambar 2], dan M249 atau Machine Gun.

Untuk menemukan Airdrop juga mudah, karena kotak ini mengeluarkan sinar vertikal atau garis lurus ke arah langit, dimana sinarnya berwarna kuning. Sinar tersebut juga menandakan bahwa barang di dalam Airdrop masih belum diambil. Jika sudah diambil semua maka sinarnya akan hilang, namun sinar akan tetap menyala bila ada barang yang belum terambil.

Airdrop - Apa Itu Free Fire - Battlegrounds Game Android Ios
Gambar 1. Airdrop

Selain itu di waktu tertentu akan muncul Zona Danger, lingkaran zona danger berwarna merah jika dilihat dari peta. Di beberapa area tertentu pada zona danger akan terjadi ledakan. Pada mode Squad seseorang yang terkena ledakan akan berada di kondisi knocked, namun jika hal tersebut terjadi pada seseorang yang bermain di mode Solo, pemain tersebut akan langsung mati.

Waktu permainan yang lama dan map yang luas akan dipersempit oleh lingkaran Zona aman atau Safe zone. Darah seorang pemain akan terus berkurang jika berada di luar zona aman, dan akan semakin besar dan cepat darah yang berkurang apabila Zona aman berukuran sangat kecil.

Zona aman yang sangat kecil akan membuat adrenalin pemain menjadi semakin meningkat. Di sinilah akan terlihat kualitas seorang pemain, karena selain diperlukan keahlian berperang dan kemampuan bertahan hidup, dibutuhkan juga ketenangan serta keberuntungan.

Groza - Apa Itu Free Fire - Battlegrounds Game Android Ios
Gambar 2. Groza

Selain senjata spesial yang hanya ada di Airdrop, ada banyak senjata lain yang tersedia di seluruh map Free Fire. Untuk jarak jauh ada Kar98k, SKS, AK47, M4A1, dan Skar. Untuk jarak sedang ada MP5, UMP, dan MP40. Untuk jarak dekat ada Desert Eagle, USP, Shotgun, dimana shotgun ini adalah salah satu senjata yang sangat mematikan di permainan Free Fire.

Dan ada lagi senjata yang hanya dapat digunakan dalam jarak yang sangat dekat, yaitu Parang dan Pan atau Panci, dimana kedua-duanya bisa menghalau atau menepis tembakan musuh. Namun tidak hanya itu, untuk jarak yang sangat dekat juga bisa dengan menggunakan tangan kosong atau lebih tepatnya dengan memukul.

Ada 3 mode atau jenis permainan
Solo : Bermain seorang diri untuk memperoleh kemenangan.
Duo : Bermain dalam tim dan satu tim bisa berisi satu orang dan maksimal 2 orang. Pemain memiliki kemampuan revive atau menyembuhkan teman yang knocked. Dalam satu map ada 25 tim.
Squad : Bermain dalam tim dan satu tim bisa berisi hanya satu orang atau dua orang atau tiga orang, dan maksimal 4 orang. Pemain memiliki kemampuan revive atau menyembuhkan teman yang knocked. Dalam satu map ada 13 tim, jika di total berarti terdapat 52 pemain.

Mode Solo Duo Squad - Apa Itu Free Fire - Battlegrounds Game Android Ios
Gambar 3. Mode game

Mode yang tersedia pada waktu-waktu tertentu :
Death Race : Berperang menggunakan kendaraan Amphibious atau Amphibi dari awal penerjunan sampai di akhir permainan. Bermain dalam tim dan satu tim berisi 2 orang atau duo, dimana salah satu orang berperan sebagai supir dan yang satunya menjadi penembak.
Mad Dog : Berperang seorang diri atau solo di map yang tidak terlalu luas tapi indah dengan zona aman yang lebih cepat surut dan pastinya waktu permainan yang lebih singkat.

Terdapat 8 karakter di Free Fire, yang terdiri dari 5 karakter wanita dan 3 karakter pria. 6 diantaranya mempunyai keahlian spesial masing-masing, seperti keahlian berlari lebih cepat, keahlian meningkatkan laju berkendara, keahlian bertahan hidup di luar Zona aman, dan keahlian-keahlian lainya.

Free Fire secara resmi dipublikasikan oleh Garena pada 4 Desember 2017, dan sekarang pada Mei 2018 sudah dimainkan oleh 2,7 juta orang. Sampai saat ini Free Fire bisa dimainkan pada perangkat smartphone atau handphone yang bersistem-operasikan iOS dan Android.

Garena juga menyediakan permainan lain yang juga beraliran Battle Royal yang diberi nama ROE (Ring of Elysium). Perbedaannya dengan Free Fire, ROE hanya bisa dimainkan di komputer atau PC.