.com

Penggunaan Istilah Yang Membingungkan - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Penggunaan istilah yang membingungkan adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Pernahkah anda berkata ke anak misalnya "Awas yah, jika kamu pergi dengan ibu/ayah, gak boleh nakal", atau dengan ungkapan, "Awas yah, jika mau diajak ayah/ibu, jangan buat malu ibu/ayah", ataupun dengan yang lebih simpel "jika ingin jalan-jalan gak boleh aneh-aneh"

Mungkin anda paham dengan ucapan seperti di atas, tetapi percayalah, ucapan tersebut tidak mudah dipahami oleh seorang anak, apalagi jika sang anak masih belum mengenal banyak pembendaharaan kata-kata.

Istilah-istilah yang susah dimengerti dan terdengar mempunyai makna ganda akan membuat sang anak akan kebingungan dalam memahaminya. Mereka akan berpikir mengenai kata nakal, seperti apakah sifat yang nakal itu. Begitu juga dengan istilah "jangan aneh-aneh", seperti apakah sifat yang "aneh-aneh" itu. Tidak hanya bingung, sang anak akan mereka-reka maksud dari istilah tersebut.


Yang Seharusnya Dilakukan


Berdialoglah secara spesifik dan jelas, seperti "Nak, jika kamu ingin jalan-jalan bersama ayah/ibu, tidak boleh minta balon, jajan, dan tidak boleh loncat-loncat di mobil lagi".

Hal tersebut penting supaya anak bisa lebih tau akan hal-hal yang tidak boleh diperbuat dan hal-hal yang boleh diperbuat. Dan juga jangan lupa, beri dan sepakati secara bersama konsekuensi yang akan diterima jika sang anak melanggar aturan tersebut.

Setelah itu anda bisa beri pengetahuan dan penjelasan lebih lanjut ke anak, bahwa sifat yang melanggar hal-hal yang tidak boleh dilakukan itu disebut sifat nakal.

No comments:

Post a Comment