.com

Memaklumi Yang Tidak Pada Tempatnya - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Memaklumi Yang Tidak Pada Tempatnya - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Memaklumi yang tidak pada tempatnya adalah salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang tua yang konservatif. Contoh ketika di saat anak nakal, sering usil, namun sang orang tua dengan sepele mengatakan, "Bandel memang sifat anak laki" ataupun ketika timbul pertengkaran antara adik kakak, sang orang tua cuma bilang "Biasa, anak-anak". Malah di saat sang anak meninju kakak atau teman, sang orang tua hanya berucap "Maklumlah, kan anak-anak. Nggak sengaja"

Jika kita terus memaklumi sifat yang kurang benar dari anak, maka sang anak akan mempunyai pikiran bahwa sifatnya memang sudah biasa dan tidak keterlaluan, hal tersebut akan menjadi lebih buruk lagi jika berlanjut hingga dewasa.

Memaklumi Yang Tidak Pada Tempatnya - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Sebaiknya kita tidak memaklumi suatu hal yang sebenarnya memang tidak perlu dimaklumi. Didiklah anak tanpa terkecuali, sesuai sifat dasarnya. Ketika menginjak usia 2 tahun semua anak sudah dapat didik dengan tegas (tegas bukan keras). Sebaiknya sejak dini, karena jika semakin dewasa akan semakin sulit untuk mengubah sifat buruknya. Jika sejak dini maka akan lebih mudah diajak kerja sama, diarahkan dan dikelola. Akan lebih mudah diajak bekerja sama jika kita terus berdialog dari hati ke hati, tegas, dan konsisten.

No comments:

Post a Comment