.com

Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram

f g+ t
Publikasikan :
Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Aplikasi Instagram
Setelah anda mengenal semua tool atau peralatan Instagram, saatnya bersosial di Instagram dengan membagikan atau memamerkan foto yang anda ambil. Tentunya foto tersebut haruslah bagus dan menarik, sebenarnya kualitas kamera lah yang sangat menentukannya.

Selain kualitas kamera kita juga bisa mempercantik foto hasil jepretan kita dengan mengeditnya atau memberikan beberapa efek-efek foto yang disediakan oleh pihak Instagram pada aplikasinya.

Rangkuman langkah cara mengedit dan memberi efek foto Instagram
  1. Crop
  2. Filter
  3. Frame
  4. Lux
  5. Straighten

Detail cara mengedit dan memberi efek foto Instagram

Di Instagram kita bisa mengambil gambar dengan dua cara, yaitu dengan cara menjepret secara langsung atau mengambil dari foto yang sudah ada.

Foto yang diperbolehkan yaitu foto yang memiliki rasio ukuran 1:1. Foto hasil jepretan langsung sudah pasti memiliki rasio 1:1. Tetapi jika foto yang kita gunakan tidak memenuhi ketentuan Instagram yaitu berasio 1:1. Maka secara otomatis kita akan dibawa ke proses Crop (pemotongan).

Crop - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 1. Crop

Inti dari Crop adalah menentukan bagian yang diperlukan dan bagian yang tidak diperlukan. Bagian foto yang tidak diperlukan akan dibuang. Untuk memperkecil ataupun memperbesar area Crop yaitu dengan cara menggeser salah satu dari 4 bulatan yang ada dipojok garis area Crop [gambar 1a]. Sebesar atau sekecil apapun area Crop skala foto akan selalu berasio 1:1, tidak akan melebar atau memanjang tetapi akan tetap membentuk foto berarea kotak. Selain itu, dengan Crop kita juga bisa memilih area foto sesuka kita. Jika selesai, sentuh panah arah ke kanan [gambar 1b].

Filter - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 2. Filter

Instagram menyediakan banyak Filter [gambar 2a] untuk merubah penampilan foto, diantaranya : Normal, Amaro, Mayfair, Rise,dll. Disediakan dengan sampel contoh bergambarkan Balon Udara, jika kita pilih Balon Udara yang berwarna hitam putih, maka foto kita juga akan diberi efek seperti Balon Udara tersebut, yaitu foto berwarna hitam putih. Efek Filternya pun beragam dari yang membuat foto menjadi foto klasik, foto yang penuh warna, foto hitam putih, dll. Anda bisa memilih sesuai selera dan tema yang anda ingin terapkan pada foto anda.

Pilihlah Filter yang memberikan kecerahan pada foto, terutama kecerahan warna dan kecerahan cahaya yang seimbang (tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap). Saya pribadi lebih suka Lo-Fi. Untuk mengatur kecerahan Filter tersebut, sentuh sekali pada Filter yang sudah anda pilih. Di situ selain pengatur kecerahan Filter [gambar 3a], terdapat juga penambahan Frame [gambar 3b]

Frame berguna untuk mempercantik foto dengan memberi garis tepi. Setiap Filter memberikan bentuk Frame yang berbeda-beda. Tetapi tidak semua Filter menyediakan Frame, seperti Filter Amaro, Rise, Valencia, dll.

Pengatur kecerahan Filter. Frame - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 3. Pengatur kecerahan Filter. Frame

Agar foto terlihat lebih bagus dalam keseimbangan kecerahan warna dan cahaya, gunakanlah Lux, untuk membukanya sentuh tombol bergambarkan matahari [gambar 2b]. Lux akan memberi efek otomatis untuk kecerahan warna dan cahaya. Jadi kecerahannya disesuaikan dengan foto yang bersangkutan. Tetapi tidak semua foto yang di beri efek lux akan terlihat semakin bagus, ada juga yang terlihat terlalu kaku dan berbintik.

Lux - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 4. Lux

Tombol Straighten - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 5. Tombol Straighten

Efek foto terakhir adalah Straighten, untuk membuka Straighten sentuh tombol bergambar kunci pas [gambar 5a], kemudian sentuh tombol Straighten [gambar 5b]. Straighten berfungsi untuk memutar foto dengan sudut 30 derajat sampai -30 derajat. Tetapi jika anda ingin memutar foto dengan sudut 45 derajat berlawanan arah jarum jam, sentuh tombol dua panah melingkar [gambar 6a].

Tombol Straighten - Cara Edit Foto/Photo Dengan Memberi Efek Foto Instagram
Gambar 6. Straighten

Bila anda sudah cukup puas mengedit foto dan siap mempublikasikannya. Silahkan sentuh tombol panah arah ke kanan [gambar 5c].

Informasi terkait Instagram
  1. Apakah Instagram itu?
  2. Menginstall Aplikasi Instagram
  3. Membuat Akun di Instagram
  4. Tips Memakai Instagram
  5. Cara Protect Postingan di Instagram