.com

Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android

f g+ t
Publikasikan :
Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Setelah menginstal Path, bagi pemula dalam penggunaannya mungkin perlu mengetahui segala fitur yang ada di aplikasi Path, agar lebih mengenal salah satu aplikasi Android ini. Seperti ungkapan 'Jika tak kenal maka tak sayang'. Saya yakin bila kita masih awam dan tanpa ada tujuan tertentu, pasti kita merasa malas untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Untuk jejaring sosial Path ini, fiturnya banyak namun penggunaanya sangat simpel dan mudah. Di sini akan kita bahas mengenai 5 fitur atau menu utama pada aplikasi Path.

Fitur atau menu utama Path :
  1. Halaman Pertama (tombol Halaman Pertama » gambar 1)
  2. Inner Circle (tombol Inner Circle » gambar 1a)
  3. Notifications (tombol Notifications » gambar 1b)
  4. Talk (tombol Talk » gambar 1c)
  5. Lainnya (tombol Lainnya » gambar 1d)

Halaman Pertama


Layaknya wall atau beranda, halaman pertama merupakan halaman yang berisikan seluruh postingan moment kita dan juga postingan moment teman. Terdapat juga tombol 'Share moment' (gambar 2a) untuk memposting suatu moment.

Halaman pertama - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 1. Halaman pertama

Share moment di Path ada 5 macam :
  1. Musik, Film, Buku. Tombol bergambarkan 'Not balok' (gambar 2b)
  2. Lokasi. (gambar 2c)
  3. Upload foto / video. (gambar 2d)
  4. Teks. (gambar 2e)
  5. Tidur. (gambar 2f)

Share moment - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 2. Share moment

Untuk cara sharing moment serta cara berinteraksi dengan teman lain silahkan ke sini [Cara menggunakan Path].

Inner Circle


Tampilan Inner Circle sama dengan tampilan Halaman pertama. Namun yang ditampilkan hanya postingan moment dari teman yang kita pilih dan kita masukkan dalam daftar Inner Circle.

Untuk kembali ke Halaman pertama, caranya dengan menyentuh kembali tombol Inner Circle.

Inner circle - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 3. Inner Circle

Notifications


Halaman notifications merupakan halaman yang berisikan info-info tentang orang yang berinteraksi dengan kita di Path. Misalnya seperti info teman yang memberi komentar pada moment kita ataupun menerima permintaan kita sebagai teman, dll.

Notifications - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 4. Notifications

Talk


Talk adalah fitur untuk berkirim pesan, untuk detailnya silahkan lihat di sini [Apa itu Talk?]. Halaman Talk ini bisa dibuka jika kita telah mendownload dan menginstall aplikasi Talk. Setelah kita telah menginstallnya maka kita bisa menggunakan Talk sebagai aplikasi pengirim pesan yang disediakan secara terpisah oleh Path.

Talk - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 5. Talk

Lainnya


Di menu Lainnya terdapat 4 submenu yaitu Moments, Friends, Shop dan Settings. Jika kita memilih submenu Moments, nanti kita akan menuju halaman Moments yang berisikan semua moment yang telah kita posting atau kita bagikan di Path. Di bagian atas sendiri terlihat foto cover kita dalam ukuran penuh.

Lainnya - Kenali Aplikasi Path dan Fiturnya - Android
Gambar 6. Lainnya beserta 4 submenunya

Jika kita pilih submenu Friends, nanti kita akan menuju halaman Friends yang berisikan semua daftar teman kita. Di situ kita bisa melakukan pencarian teman, penambahan teman, penerimaan seseorang sebagai teman, pemilihan teman ke dalam Inner Circle, dll.

Jika kita pilih submenu Shop, nanti kita akan menuju ke halaman Shop yang berisikan Stiker, Filter, Premium member Path. Yang bisa kita pilih atau download secara gratis maupun berbayar.

Jika kita pilih submenu Settings, nanti kita akan menuju ke halaman Setting yang berisikan pengaturan aplikasi Path tentang lokasi, privasi, akun, pemberitahuan, efek suara, logout, dll.

Artikel terkait