.com

Apa Itu Email? Adalah Surat Elektronik - Manfaat / Fungsi

f g+ t
Publikasikan :
Apa Itu Email? Adalah Surat Elektronik - Manfaat / Fungsi
Email adalah surat elektronik untuk berkirim surat lewat dunia maya (internet). Penyedia email sangatlah banyak, seperti Yahoo Mail, Gmail, Outlook (dulu bernama Hotmail), AOL, dll.

Email sangat banyak gunanya. Salah satu fungsi email adalah untuk memfasilitasi suatu pendaftaran akun di suatu situs. Salah satu situs yang populer digunakan di Indonesia adalah Facebook. Untuk mendaftarkan akun di Facebook kita harus mempunyai email terlebih dahulu sebagai syarat dalam mendaftar.

Dalam proses mendaftar/membuat akun di Facebook, kita diharuskan mengaktifkannya lewat email. Jadi setelah proses membuat akun Facebook, pihak Facebook akan mengirim email aktifasi, dan email tersebut harus kita buka untuk keperluan aktifasi akun Facebook.

Apakah Facebook itu termasuk email? Jawabannya bukan. Facebook merupakan media jejaring sosial yang mempunyai syarat bahwa calon pendaftar harus memiliki email (gambar 1b), hal ini untuk keperluan aktifasi. Selain untuk aktifasi, hal tersebut juga berguna untuk menguji coba apakah email tersebut memang ada atau hanya email tipuan/palsu.

Jika anda belum punya email, anda tidak bisa mendaftar di Facebook ataupun situs populer lainnya, seperti Twitter dan situs media jejaring sosial lainnya.

Facebook login dan daftar - Apa Itu Email? Adalah Surat Elektronik - Manfaat / Fungsi
Gambar 1. Login dan Daftar Facebook

Twitter login dan daftar - Apa Itu Email? Adalah Surat Elektronik - Manfaat / Fungsi
Gambar 2. Login dan Daftar Twitter

Dua hal yang penting dan harus diingat berkaitan dengan email, yaitu alamat email dan password email. Dua hal tersebut seringkali disepelekan dan dilupakan oleh pemakainya. Akibatnya mereka tidak bisa mengakses atau login ke emailnya sendiri. Catatlah alamat dan password email anda, karena masalah standar dari pengguna email adalah lupa password dan alamat email. Masalah ini adalah masalah yang seringkali terjadi karena memang hal tersebut terkesan tidak penting.

Manfaat dan kegunaan email :
  1. Sarana untuk kirim dan terima email
  2. Login / akses ke suatu situs (gambar 1a dan gambar 2a)
  3. Sebagai syarat dan aktifasi akun saat mendaftar di suatu situs (gambar 1b dan gambar 2b)

Saran : Lebih baik pakailah penyedia email dari Gmail. Karena Gmail tidak ada batas waktu (kadaluarsa) seperti Yahoo Mail. Jika kita mempunyai akun di Yahoo Mail dan kita jarang mengaksesnya, maka kemungkinan besar akun tersebut akan dihapus.

Catatan :
  • Login = Sign in
  • Logout = Sign out
  • Sign up = Daftar / Buat Akun

Informasi terkait
Cara membuat Gmail di Android