.com

Terlalu Banyak Larangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua

f g+ t
Publikasikan :
Terlalu Banyak Larangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua
Terlalu banyak larangan merupakan salah satu dari 37 kebiasaan buruk orangtua. Kebiasaan ini adalah kebalikan dari kebiasaan orang tua yang selalu menuruti permintaan anak. Jika kita sebagai orang tua memiliki sifat dengan kombinasi antara Koleris dan Melankolis, kita harus waspada karena umumnya orang tua kombinasi sifat tersebut akan membentuk jenis orang tua yang Perfeksionis. Memiliki kecenderungan untuk menciptakan anak yang sempurna sesuai keinginan orang tua. Lebih banyak mengekang dan mengatur, melarang segala hal yang tidak mereka inginkan.

Pada titik tertentu sang anak akan merasa ingin bebas karena tidak tahan dengan perlakuan orang tua. Perlakuan yang akan membentuk sifat pemberontak pada seorang anak, seperti keinginan melakukan perang terbuka (bila anak bertipe ekspresif keras), keinginan melawan secara tersembunyi (bila anak bertipe keras), dan keinginan untuk menyakiti diri (bila anak bertipe sensitif).

Terlalu Banyak Larangan - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan


Kita sebagai orang tua harus bisa mengurangi perlakuan perfeksionis terhadap anak. Tetap ijinkan sang anak untuk melakukan kegiatan yang positif dan baik. Cobalah membiasakan diri untuk berkomunikasi supaya kita dapat mengerti dan mendengar sudut pandang orang lain. Bersama sang anak ciptakanlah kondisi saling mempercayai.

Lakukan pertimbangan dengan pasangan untuk mengurangi jumlah larangan yang berlebihan. Beri batasan-batasan yang wajar kepada sang anak dengan menciptakan kesepatakan yang diperlukan. Contohnya, bentuk kesepakatan dengan anak bahwa sang anak boleh keluar dengan ketentuan pada jam 9 malam dia harus ada di rumah. Bentuk kesepakatan juga apabila sang anak berada pada kondisi akan terlambat pulang dia harus segera memberi tau Ibu atau Ayah.