.com

Apa Itu Adobe Systems?

f g+ t
Publikasikan :
Logo Apa Itu Adobe Systems?
Adobe Systems Incorporated adalah sebuah perusahaan aplikasi komputer bertaraf multinasional yang berasal dari Amerika. Perusahaan Adobe Systems memiliki kantor pusat yang berada di San Jose, California, Amerika Serikat. Adobe Systems didirikan pada tanggal 28 Februari 1982, dan pendirinya adalah John E. Warnock dan Charles M. Geschke.

Adobe Systems menghasilkan beberapa produk yang sudah sangat dikenal, seperti Adobe Photoshop, Portable Document Format (PDF) dan Adobe Creative Suite.

Produk-produk yang dihasilkan oleh Adobe Systems :
  1. Aplikasi desktop : Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, Adobe Fireworks, Adobe Soundbooth, Adobe Acrobat and Adobe Audition
  2. Aplikasi server : Adobe ColdFusion, Adobe Content Server and Adobe LiveCycle Enterprise Suite, Adobe BlazeDS
  3. Format : Portable Document Format (PDF), PDF's predecessor PostScript, ActionScript, Shockwave Flash (SWF), Flash Video (FLV), and Filmstrip (.flm)[32]
  4. Pelayanan web-hosted : Adobe Kuler, Photoshop Express, and Acrobat.com
  5. Aplikasi web design : Adobe Dreamweaver, Adobe Contribute, Adobe Muse, Adobe Flash Builder, Adobe Flash Catalyst, Adobe Flash, and Adobe Edge
  6. Aplikasi pengedit video editing dan efek visual : Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Adobe Prelude, and Adobe SpeedGrade
  7. Aplikasi eLearning : Adobe Captivate
  8. Aplikasi organizational : Adobe After Effects
  9. Aplikasi web content management : Adobe Experience Manager (AEM 6.0)

Asal muasal nama dari perusahaan Adobe adalah Adobe Creek yang berada di Los Altos, California. Daerah tersebut merupakan tempat tinggal atau rumah dari kedua pendiri Adobe, yaitu John Warnock dan Charles Geschke. Perusahaan Adobe mempunyai logo yang bergambarkan desain huruf A, logo tersebut dirancang oleh pedesain grafis bernama Marva Warnock yang juga merupakan istri dari John Warnock.

Apa Itu Adobe Systems? John E. Warnock dan Charles M. Geschke.
Bangunan perusahaan Adobe (kiri), John W. (tengah), Charles G. (kanan)

Adobe Systems sudah mempunyai sekitar 13.500 pegawai di tahun 2015. 40% pegawai merupakan pegawai yang bekerja di San Jose. Adobe Systems juga mempunyai operasi pembangunan besar di San Luis Obispo, San Francisco, Washington, Seattle, Utah, Lehi, Minnesota, Minneapolis, Florida, Orlando, New York, New York City, Massachusetts, Newton, dan California di Amerika Serikat.

Penghargaan Adobe Systems


Fortune menempatkan Adobe ke dalam peringkat perusahaan yang terbaik untuk dijadikan sebagai tempat bekerja. Adobe berada di peringkat 5 sebagai perusahaan serta tempat bekerja terbaik di AS pada tahun 2003. Berada di peringkat 6 pada tahun 2004. Berada di peringkat 31 pada tahun 2007. Berada di peringkat 40 pada tahun 2008. Naik lagi ke posisi 11 pada tahun 2009. Dan turun ke posisi 42 pada tahun 2010. Pada tahun 2011 berada di posisi 65. Pada tahun 2012 berada di posisi 41.

Pada bulan Mei 2008, Adobe Systems India mendapatkan peringkat ke-19 sebagai perusahaan terbaik untuk dijadikan sebagai tempat bekerja di India. Berada di peringkat 6 pada bulan Juni 2014. Pada bulan Oktober 2008, Adobe Systems Inc Kanada mendapatkan penghargaan sebagai salah satu T"op 100 Pengusaha Kanada" oleh Mediacorp Canda Inc. serta dipublikasikan ke media majalah berita Maclean.

Selain penghargaan yang bersifat positif, ada juga penghargaan yang bersifat negatif. Adobe Systems berada di peringkat ke-5 pada daftar 9 Perusahaan Paling Dibenci di Internet, hal tersebut didasarkan pada survei pada tahun 2013 di situs Reddit.com. Pada situs TechRadar.com, aplikasi Adobe Reader dan Flash tercatat sebagai salah satu 10 Program Paling Dibenci Sepanjang Masa.

Catatan :
Desain gambar bersumberkan dari gambar-gambar di Google dan Wikipedia (Coolcaesar sebagai pencipta/pembuat di English language Wikipedia dengan lisensi dari GNU Free Documentation License)