.com

Cara Kembali ke Preview / Keluar Dari Outline - Illustrator AI

f g+ t
Publikasikan :
Cara Kembali ke Preview / Keluar Dari Outline - Illustrator AI
Apakah anda mengalami kesulitan karena tampilan (view) desain gambar di Adobe Illustrator (AI) berbeda dengan sebelumnya? Desain terlihat hanya berupa garis-garis luar.

Tampilan itu merupakan tampilan Outline, tandanya bisa dilihat di tab frame terdapat tulisan Outline [gambar 1a] serta bentuk shape berubah menjadi hanya terlihat garis-garis luat dari shape asli [gambar 1b]. Oleh karena hanya sebuah tampilan, maka apapun yang kita lakukan, seperti mencoba untuk mengembalikan keadaan semula atau Undo [Ctrl + Z], dan melakukan hal-hal lain semua itu tidak akan merubah tampilan ataupun merubah untuk kembali ke kondisi semula.

Tampilan outline - Cara Kembali ke Preview / Keluar Dari Outline - Illustrator AI
Gambar 1. Tampilan Outline

Biasanya hal ini sering terjadi kepada pemula dalam menggunakan Adobe Illustrator untuk pertama kalinya. Saat mencoba untuk mengedit desain, secara  tidak sengaja menekan tombol kombinasi keyboard [Ctrl + Y], atau tidak sengaja melakukan klik kanan dan memilih Create Outline. Akibatnya, hal ini dapat membuat pemakai Adobe Illustrator yang masih baru mengalami kebuntuan dalam melakukan desain atau edit gambar.

Sebenarnya solusi atau caranya sangat mudah, terutama jika anda sudah biasa apalagi jika sudah ahli dalam memakai Adobe Illustrator. Cara agar kembali ke tampilan semula adalah memilih tampilan Preview [View > Preview] [gambar 2] atau menekan [Ctrl + Y] sekali lagi.

Tampilan akan berubah seperti sedia kala, tandanya bisa dilihat terdapat tulisan Preview di tab frame [gambar 3a] dan bentuk shape kembali kesemula [gambar 3b]. Dan kita bisa melanjutkan untuk mendesain.

Menu View Preview - Cara Kembali ke Preview / Keluar Dari Outline - Illustrator AI
Gambar 2. Menu 'View' dan Submenu 'Preview'

Tampilan preview - Cara Kembali ke Preview / Keluar Dari Outline - Illustrator AI
Gambar 3. Tampilan Preview

Bisa disimpulkan bahwa yang terjadi itu hanya masalah tampilan. Untuk pertama kali dibuka, Adobe Illustrator memberikan tampilan standarnya, yaitu Preview. Sedangkan Outline merupakan tampilan option atau pilihan yang memiliki fungsi untuk melihat garis-garis outline dari suatu shape.

Informasi terkait
  1. Apa itu Adobe Illustrator?
  2. Sejarah dari Adobe Illustrator
  3. Fungsi atau kegunaan Adobe Illustrator
  4. Spesifikasi komputer untuk Adobe Illustrator