.com

Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)

f g+ t
Publikasikan :
Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)
Kita bisa menggunakan Whatsapp melalui komputer, baik itu PC (personal computer) maupun laptop / notebook. Fasilitas ini sangat membantu bagi pengguna Whatsapp yang harus selalu bekerja di depan komputer, karena bisa memudahkan mereka dalam melakukan komunikasi menggunakan Whatsapp tanpa harus bolak-balik membuka smartphone / handphone (hape).

Sebelum bisa menggunakan Whatsapp di komputer, pertama-tama kita harus memindai kode (scan code) yang ada di situs web.whatsapp.com dengan menggunakan smartphone yang kita miliki. Hal ini bertujuan untuk proses sinkronisasi data antara situs Whatsapp di komputer dengan aplikasi Whatsapp di smartphone. (Whatsapp bisa berjalan di smartphone bersistem-operasikan Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry dan Nokia).

Untuk melakukan sinkronisasi melalui scan code QR, kita harus menyiapkan kedua perangkat secara bersamaan (smartphone dan komputer). Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan scan code sekaligus sinkronisasi Whatsapp di smartphone dan situs :
  1. Smartphone - Buka aplikasi Whatsapp di smartphone
  2. Smartphone - Pilih tab 'Chats'
  3. Smartphone - Tekan tombol 'Menu'
  4. Smartphone - Pilih 'WhatsApp Web' [gambar 1]
  5. Smartphone - Muncul Scan code. Sentuh 'Ok, got it' (jika ada) [gambar 2]
  6. Komputer - Buka situs web.whatsapp.com melalui komputer
  7. Komputer - Muncul gambar kode QR [gambar 3]
  8. Smartphone - Scan kode yang ada di komputer dengan smartphone (arahkan kamera smartphone ke code komputer)
  9. Komputer - Tunggu proses sinkronisasi. Selesai. [gambar 4]

Whatsapp web - Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)
Gambar 1. WhatsApp Web

Scan code - Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)
Gambar 2. Scan code

QR Code - Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)
Gambar 3. QR Code

Whatsapp di komputer - Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC atau Laptop)
Gambar 4. Whatsapp di komputer

Tampilan Whatsapp di komputer cukup simpel dan fitur-fiturnya mirip dengan fitur aplikasi Whatsapp di smartphone, sangat mudah untuk memahami dan menggunakannya. Desainnya pun responsif, jadi bisa tampil efisien di semua jenis monitor, apapun resolusi atau ukuran layarnya.

Catatan : Smartphone harus tetap dalam keadaan menyala dan terkoneksi internet, agar Whatsapp di komputer tetap tersinkronisasi dan tetap bisa digunakan. Dan perhatikan juga baterai dari smartphone agar tidak terjadi kejadian tiba-tiba mati dan terputus dengan Whatsapp di komputer, tapi tidak perlu terlalu kuatir juga karena dari Whatsapp di komputer akan muncul pemberitahuan jikalau Smartphone akan mengalami kehabisan baterai.