.com

Gmail : Cara Mendaftar / Membuat Akun Email Baru

f g+ t
Publikasikan :
Gmail : Cara Mendaftar / Membuat Akun Email Baru
Sebenarnya dengan mendaftar di Gmail kita juga telah secara otomatis membuat akun di Google. Kelebihan dari akun Google adalah hanya dengan satu akun gratis tersebut, kita akan mempunyai akses ke semua produk Google, termasuk Gmail, Google Drive, Youtube, Google Photos, Google Map, Google Play [gambar 1].

Jadi untuk memakai semua produk Google di atas kita tidak perlu melakukan pendaftaran lagi dan kita bisa langsung menggunakan fitur-fitur yang ada, seperti mengupload video di Youtube, berkirim pesan atau email di Gmail, mengupload foto di Google Photos, mengupload data / file di Google Drive, dan berjejaring sosial di Google+ (Google Plus).

Produk Google - Gmail : Cara Mendaftar / Membuat Akun Email Baru
Gambar 1. Produk-produk Google

Untuk pembuatan akun Google silahkan menuju ke halaman Sign Up Google. Akan muncul form pendaftaran akun Google [gambar2].

Data yang dibutuhkan pada form pendaftaran atau registrasi :
  1. Nama (Isi nama depan dan nama belakang)
  2. Pilih nama pengguna Anda (Isi dengan ID atau nama pengguna yang diinginkan. Bisa diisi dengan angka, huruf, dan titik. ID ini akan menjadi alamat email anda dengan penambahan '@gmail.com' dibelakang)
  3. Buat sandi (Isi kata sandi atau password. Minimal 8 karakter. Isi dengan perpaduan angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol seperti # $ % agar kata sandi lebih kuat dan tidak mudah dibobol)
  4. Konfirmasi sandi Anda (Isi ulang kata sandi atau password)
  5. Tanggal lahir (Isi tanggal lahir : Tahun - Bulan - Tanggal)
  6. Gender (Pilih jenis kelamin : Wanita / Pria / Lainnya)
  7. Ponsel (Isi dengan nomer handphone yang masih aktif dan bisa dikirimi SMS, hal ini berkaitan dengan verifikasi dan lupa password. Kode +62 adalah nomer kode untuk negara Indonesia)
  8. Alamat email Anda saat ini (Isi dengan alamat email yang dimiliki dan masih aktif. Hal ini berkaitan dengan lupa password dan fungsi lainnya)
  9. Buktikan bahwa Anda bukan robot (Isi sesuai dengan gambar. Jika tidak, beri centang pada 'Lewati verifikasi ini...' dan nanti akan dikirim SMS verifikasi oleh Google ke nomer ponsel yang anda isi di atas)
  10. Lokasi (Pilih negara atau wilayah tempat tinggal anda)
  11. Beri centang pada 'Saya menyetujui Persyaratan...'
  12. Klik tombol 'Langkah berikutnya'
  13. Selesai

Setelah selesai melakukan pendaftaran akun Google, kita bisa langsung menggunakan Google mail dengan menuju ke situs Gmail. Klik tombol 'Tulis' jika ingin mengirim atau menulis email.

Form sign up - Gmail : Cara Mendaftar / Membuat Akun Email Baru
Gambar 2. Formulir pendaftaran

Pada proses pengisian form pendaftaran di atas, data yang boleh dikosongi ada 3, yaitu ponsel, email, dan lokasi.

Ponsel tidak diperlukan jika pada tahap poin nomer 9 kita mengisi kode gambar. Jika kita tidak ingin menulis kode gambar tersebut, maka kita harus mencentang 'Lewati verifikasi ini...' dan kita akan menerima SMS verifikasi dari Google setelah kita selesai mengisi form dan meng-klik tombol 'Langkah berikutnya'. Fungsi ponsel ini untuk verifikasi dan keamanan. Verifikasi dibutuhkan pada saat pendaftaran tanpa menulis kode gambar. Fungsi keamanan yang dimaksud disini adalah ketika kita lupa akan kata sandi atau password, kita bisa mendapatkannya kembali melalui proses pengembalian dengan menggunakan ponsel.

Email boleh dikosongi. Namun email ini memiliki beberapa fungsi yang bisa disetel atau disetting di Setelan Akun. Fungsi utama dari email ini layaknya fungsi ponsel, yaitu berfungsi untuk keamanan seperti lupa pasword, dan pemberitauan pengaksesan melalui browser atau komputer lain.

Untuk lokasi tidak perlu dipilih kembali, karena ketika kita mendaftar lokasi kita sudah terdeteksi oleh Google, dan secara otomatis lokasi sudah memilih sesuai negara tempat kita online. Kecuali jika kita ingin memilih lokasi atau negara lain.

Mengenai kelebihan Gmail daripada email yang lain, Gmail tidak terdapat kadaluarsa (expired). Jadi jika akun kita tidak ada aktifitas seperti kirim email, menerima email ataupun hanya login, maka akun tetap akan aktif dan bisa dipakai kapanpun karena Gmail tidak memberlakukan batas waktu penggunaan.

Yang sering ditanyakan (FAQ) : bagaimana langkah-langkah cara registrasi untuk mau membuat buat membikin bikin pendaftaran mendaftar daftar alamat akun email e-mail mail gmail pribadi baru gratis di internet.

Informasi terkait
  1. Cara mendaftar Gmail di Android
  2. Cara menambah akun di Android