.com

Informasi Tips & Alasan Untuk Memilih Menyewa Kost

f g+ t
Publikasikan :
Informasi Tips & Alasan Untuk Memilih Menyewa Kost
Pada umumnya keinginan untuk memilih bertempat tinggal di kost adalah keputusan yang harus diambil bagi seorang pekerja dan pelajar atau mahasiswa, dimana hal tersebut berkaitan dengan lokasi kantor atau sekolah / kampus yang berada jauh dari kota mereka berasal. Dan pilihan lain jika tidak menyewa kost adalah dengan cara PP (pulang pergi).

Pulang pergi adalah istilah yang sering digunakan bagi mereka yang memilih untuk tidak menyewa kost melainkan langsung berangkat dari rumah dan juga langsung pulang ke rumah. Pilihan untuk Pulang Pergi pasti sangatlah tidak mudah untuk dilakukan, terutama jika terdapat jadwal untuk melakukan kuliah malam atau kerja di shift malam.

Pilihan untuk menyewa kost cocok bagi mahasiswa, karena mahasiswa yang sudah menginjak masa dewasa membutuhkan pelatihan diri untuk bisa mandiri dalam segala hal.

Untuk menyewa kost kita harus bisa memilih tempat kost yang baik. Yang perlu diperhatikan mengenai kost adalah sebagai berikut :
  1. Bagi wanita, utamakan untuk memilih tempat kost khusus wanita.
  2. Kelancaran sumber air. Salah satu sumber daya yang sangat penting, terutama untuk kebutuhan mandi, buang air, memasak, dan mencuci.
  3. Kestabilan listrik. Akan sangat mengganggu jika sering terjadi pemadaman listrik.
  4. Kebersihan. Kebersihan tempat kost dapat mempengaruhi penghuni, terutama dalam hal kesehatan dan kenyamanan.
  5. Lokasi yang strategis. Kost yang bagus adalah kost yang tidak jauh dari kantor / kampus, pasar / supermarket, rumah sakit, dan tempat ibadah. Jangan pilih kost yang dekat dengan pabrik dan yang sering terjadi kebisingan.
  6. Tempat mandi dan buang air lebih dari satu. Banyaknya jumlah penghuni kost seringkali mengharuskan antrian dalam menggunakan fasilitas yang sering ramai digunakan di pagi hari ini.
  7. Mengenai jam bertamu. Ada peraturan di tempat kost wanita yaitu jam bertamu yang dibatasi maksimal sampai jam 21:00.
  8. Rawan pencurian. Jika membawa kendaraan, pilihlah tempat kost yang menyediakan tempat kendaraan atau fasilitas parkir yang aman.
  9. Kost yang murah tidak selalu berkualitas bagus. Kost yang berkualitas bagus kebanyakan berharga sewa mahal.

Informasi Tips & Alasan Untuk Memilih Menyewa Kost

Memilih untuk menempati kost daripada tempat tinggal asli yaitu rumah memang tidak mudah, karena kita harus terbiasa dengan beberapa hal berikut :
  1. Rasa kangen terhadap keluarga, termasuk orang tua.
  2. Menjaga kesehatan sendiri.
  3. Mencuci dan menyetrika baju sendiri.
  4. Memasak sendiri atau membeli makanan sendiri.

Semua kebiasaan yang seringkali dilakukan dengan campur tangan dari orang tua harus diubah, karena ketika berada di kost kita harus melakukan segalanya sendiri. Beberapa alasan bagus kenapa kita harus memilih untuk tinggal di kost daripada di rumah :
  1. Lebih dekat. Jarak antara lokasi kampus atau kantor dengan kost pastinya lebih dekat jika dibandingkan dengan rumah.
  2. Berangkat tidak perlu lebih awal. Rumah yang berjarak jauh dengan lokasi kantor atau kampus mengharuskan kita berangkat lebih pagi agar tidak terlambat. Berbeda dengan kost yang tidak mengharuskan kita berangkat pagi karena jarak tempuh yang lebih dekat.
  3. Tidak perlu kendaraan. Jarak kost dan kantor atau kampus yang dekat dapat mempermudah kita dalam menjangkaunya, termasuk dengan cara jalan kaki.
  4. Kesehatan lebih terjaga dan fit. Kegiatan berpergian jauh dan kegiatan perkuliahan atau pekerjaan dapat membuat badan kita capek dan membuat kita sakit. Hal tersebut akan merusak jadwal perkuliahan ataupun pekerjaan.

Ada pilihan lain lagi selain menyewa kost dan pulang pergi, yaitu menumpang di kost atau rumah teman. Pilihan ini dapat kita ambil jika memang dalam keadaan terpaksa, karena pilihan ini bisa merugikan pihak lain yang berkaitan, seperti kemungkinan terjadinya konflik dengan Ibu kost atau teman kita sendiri, karena kamar kost merupakan tempat atau objek bagi Ibu kost untuk mencari uang dan kamar kost adalah tempat privasi dari teman kita sendiri.

Informasi terkait tips
Tips kerja magang bagi pelajar atau mahasiswa