.com

Tips Kerja Magang Part Time Untuk Mahasiswa & Pelajar

f g+ t
Publikasikan :
Tips Kerja Magang Part Time Untuk Mahasiswa & Pelajar
Jaman sekarang untuk mencari pekerjaan dan uang itu sulit. Harga-harga barang pun semakin mahal. Hal-hal tersebut tidak menjadi masalah bagi seorang anak yang berkehidupan berkecukupan, semua kebutuhan hidupnya pasti sudah dijamin oleh orangtuanya.

Sedangkan bagi seorang anak yang bukan dari kalangan orang mampu, dia harus memiliki jiwa kerja keras dan harus mau membanting tulang untuk mencari uang. Namun karena itu pulalah seringkali mereka lebih memilih untuk berhenti atau putus sekolah ataupun tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu perguruan tinggi.

Sebenarnya bagi pelajar yang masih berada di bangku sekolahan ataupun perkuliahan masih bisa mencari uang dengan cara melakukan pekerjaan magang atau part time (kerja paruh waktu). Kenapa harus kerja magang? Karena kerja magang hanya memerlukan waktu setengah hari dan sisa waktu dari kerja magang tersebut bisa dipergunakan untuk mengejar pendidikan. Di sini yang perlu diperhatikan adalah waktu. Harus bisa mengatur dan membagi waktu antara waktu belajar dengan waktu bekerja agar tidak ketinggalan pelajaran dan agar tidak mengalami kecapekan.

Berikut ini adalah manfaat dari kerja magang bagi pelajar :
  1. Menambah ilmu dalam bekerja. Terkadang ilmu yang dipelajari dalam bekerja tidak sama dengan yang dipelajari di sekolah atau kuliah. Perusahaan tempat kita magang kemungkinan berkeinginan untuk menarik kita setelah lulus jika kita bisa menerapkan ilmu sebaik mungkin dalam perusahaan tersebut.
  2. Menambah pengalaman kerja. Pengalaman kerja adalah salah satu syarat di beberapa lowongan pekerjaan. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan bersangkutan tidak perlu lagi memberikan pendidikan dalam bekerja khususnya kepada calon pekerja yang baru lulus (fresh graduate).
  3. Menambah teman atau jaringan baru yang kemungkinan bisa berguna di kemudian hari dalam mencari pekerjaan.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengatur waktu antara belajar dan bekerja. 
  5. Memiliki sifat mau bekerja keras.
  6. Meningkatkan kualitas kemandirian.

Tips Kerja Magang Part Time Untuk Mahasiswa & Pelajar

Tips bagi pelajar yang ingin bekerja peruh waktu agar terhindar dari beberapa problematika yang seringkali terjadi :
  1. Konsultasikan terlebih dahulu hal ini dengan orang yang mempunyai pengalaman lebih seperti orangtua dan wali kelas atau dosen wali.
  2. Jaga kondisi kesehatan agar dapat terus berada dalam kondisi fit. Kalau perlu konsumsi suplemen kesehatan.
  3. Buat jadwal keseharian seperti jadwal sekolah atau kuliah, jadwal bekerja, dan yang terpenting jadwal istirahat atau tidur agar terhindar dari masalah kecapekan yang bisa mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan.
  4. Atur dan pilih jadwal yang tepat untuk belajar dan bekerja. Jika anda pelajar yang harus sekolah di pagi hari, maka anda harus mencari pekerjaan magang yang beroperasi di malam hari. Jika anda mahasiswa atau calon mahasiswa, maka faktor waktu tidak terlalu mengekang karena pada beberapa perguruan tinggi menyediakan kuliah malam ataupun kuliah pagi.
  5. Jika anda kost dan ada pemberlakuan waktu malam, terutama di kost wanita yang mengharuskan penghuni kost sudah berada di dalam kamar kost sebelum jam 21:00. Maka lebih baik konsultasikan pada ibu kost agar bisa mendapatkan hak masuk kost jika lebih dari waktu yang ditentukan. Tapi lebih disarankan untuk mengontrak rumah dengan beberapa teman, selain tidak akan terkekang oleh waktu juga bisa lebih berhemat.
  6. Agar tidak terlalu menyita waktu dan tenaga carilah pekerjaan part time online. Dan kebanyakan pekerjaan online bisa dikerjakan secara bebas tanpa terikat peraturan waktu dan tempat.

Kata kunci : tips kerja paruh waktu magang part time online untuk mahasiswa kuliah pelajar sekolah

Informasi terkait tips
  1. Tips persiapan & cara menghadapi bencana alam banjir
  2. Tips & baik buruknya jasa laundry pencucian pakaian
  3. Informasi dan tips menjadi reseller bisnis online shop
  4. Tips cara pencegahan DBD