.com

Tips Cara Pencegahan Penyakit DBD Demam Berdarah

f g+ t
Publikasikan :
Tips Cara Pencegahan Penyakit DBD Demam Berdarah
Demam Berdarah atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Wabah penyakit  ini sering muncul di saat musim hujan dan di musim pancaroba (musim peralihan dari dua musim, yaitu musim hujan ke musim kemarau, ataupun sebaliknya).

Di musim tersebut banyak bermunculan beragam penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat, seperti flu yang disertai bersin-bersin, demam tinggi, batuk-batuk, masuk angin, dan DBD.

Pencegahan DBD pada musim penghujan dan musim pancaroba perlu dilakukan, karena pada musim tersebut terjadi peningkatan jumlah curah hujan yang memungkinkan terciptanya tempat-tempat yang akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Tips cara cepat untuk mencegah DBD (demam berdarah) di dalam rumah bisa dilakukan dengan:
  1. Rajin membersihkan atau menguras bak kamar mandi sebulan sekali
  2. Rajin membersihkan kamar tidur
  3. Rajin mengganti pakaian dalam sehari sekali
  4. Rajin bersih-bersih rumah. Selain dapat mencegah DBD, kegiatan rutin ini layaknya gerakan berolahraga yang dapat menyehatkan tubuh.
  5. Menanam bunga anggrek, karena bau dari bunga tersebut tidak disukai nyamuk.
  6. Setiap akan tidur sediakan obat nyamuk dan letakkan agak jauh dari tempat tidur atau kasur. Jika memakai obat nyamuk semprot, usahakan menyemprot kamar tidur 1 jam sebelum dipakai untuk tidur.

Tips Cara Pencegahan Penyakit DBD Demam Berdarah

Menurut Kementrian Kesehatan, upaya pencegahan demam berdarah yang paling efisien dan efektif yaitu dengan cara 3M Plus, yaitu :
  1. Menguras. Dengan cara membersihkan tempat penampungan air seperti ember, bak mandi, kolam renang, dan penampung air lemari es.
  2. Menutup. Dengan cara menutup rapat tempat penampungan air seperti kendi, tong, dan drum.
  3. Mendaur ulang atau menggunakan kembali barang lama atau bekas yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Untuk mencegah DBD dengan cara Plus yaitu seperti menaburkan bubuk larvasida di penampungan air, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian yang dapat dijadikan nyamuk sebagai tempat beristirahat.

Kata kunci : tips cara upaya dalam pencegahan mencegah dbd demam berdarah nyamuk aedes aegypti dengan 3m plus

Informasi terkait tips
  1. Tips cara mengatasi & menghilangkan jerawat dengan cepat
  2. Tips cara alami mengatasi & menghilangkan bau keputihan
  3. Tips cara menyimpan & menjaga buku aman dari rayap
  4. Tips cara cepat alami mengatasi penyakit diare mencret