.com

Informasi & Tips Menjadi Reseller Suatu Bisnis Online Shop

f g+ t
Publikasikan :
Informasi & Tips Menjadi Reseller Suatu Bisnis Online Shop
Bisnis online terutama jual-beli barang atau produk secara online sudah mewabah dengan menggunakan media jejaring sosial. Hampir semua media jejaring sosial dijadikan sebagai tempat promosi barang dagangan dari online shop.

Dan kebanyakan para penjual di media jejaring sosial adalah penjual yang menjualkan barang yang sebenarnya bukan miliknya, melainkan menjual barang dagangan orang atau toko lain, baik itu didapatkan secara online atau secara offline dan kemudian diteruskan ke pembeli.

Penjual yang memakai sistem di atas disebut sebagai reseller, pihak yang menyediakan barang bagi reseller disebut sebagai supplier. Agar sukses dalam bisnis online kedua pihak harus saling menguntungkan, terutama dalam hal kepercayaan (trust) terhadap kualitas, waktu, dan uang. Faktor lain yang juga menjadi penentu kesuksesan adalah jasa pengiriman. Jasa pengiriman bisa saja merusak kepercayaan antara kedua belah pihak.

Informasi & Tips Menjadi Reseller Suatu Bisnis Online Shop

Dalam usaha apapun pasti ada resikonya, termasuk dalam berbisnis online. Resiko tersebut bisa terjadi karena kesalahan supplier, reseller, ataupun jasa pengiriman. Untuk menjadi reseller harus mengetahui masalah atau resiko yang akan dihadapi, seperti :
  1. Ketidaksesuaian jenis barang. Barang yang diterima tidak sesuai dengan barang yang telah kita pesan.
  2. Barang yang diterima berkualitas jelek, terdapat kerusakan atau kecacatan. Meskipun pada sebelumnya sudah mendapatkan konfirmasi oleh supplier bahwa kualitas barang yang mereka kirim tidak terdapat kecacatan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kualitas packing dan jasa pengiriman.
  3. Kesulitan dalam menghubungi pihak supplier
  4. Kedatangan barang tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Khususnya jika barang terkait memiliki harga tinggi. Bahkan akan meningkat menjadi kekhawatiran akan penipuan.

Yang menjadi kekhawatiran terbesar bagi reseller adalah masalah terakhir (poin 4). Berkenaan dengan waktu dan uang yang bisa menyebabkan munculnya dugaan penipuan. Untuk menghindari masalah-masalah diatas kita harus memahami cara melakukan bisnis online yang baik. Berikut ini adalah bagaimana cara atau tips serta informasi dalam berbisnis online shop :
  1. Bagi supplier, carilah reseller dari teman dekat atau saudara.
  2. Bagi reseller, carilah supplier yang terdekat. Misalnya toko yang berada di sebelah rumah kita.
  3. Teliti dalam memilih jasa pengiriman. Setidaknya pilih jasa pengiriman yang sudah umum digunakan, misalnya JNE.
  4. Hampir dari 80% barang tidak sesuai dengan foto atau gambar yang dipromosikan di media jejaring sosial.

Kata kunci : tips informasi bagaimana cara menjadi reseller bisnis online shop yang baik

Informasi terkait tips
  1. Tips cara mencegah DBD
  2. Tips cara mengatasi diare
  3. Tips cara menjaga buku dari rayap
  4. Tips cara menghilangkan bau keputihan