.com

Tips Cara Mengatasi & Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut

f g+ t
Publikasikan :
Tips Cara Mengatasi & Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut
Kebanyakan para penikmat makanan pedas mengetahui solusi atau cara menghilangkan rasa pedas di mulut. Terutama bagi kita orang Indonesia yang gemar sekali memakan makanan yang pedas. Alasannya, jika memakan makanan tanpa rasa pedas maka tidak akan terasa masakannya.

Terkadang tubuh kita akan merespon rasa pedas melalui mata, yaitu dengan cara mengeluarkan air mata, dimana air mata tersebut keluar dengan sendirinya tanpa kita sadari. Selain itu, makanan pedas juga bisa menghilangkan rasa meriang di badan.

Makanan-makanan berikut adalah masakan yang dirasa kurang enak kalau tidak dimasak tanpa menggunakan sambal atau lombok :
  1. Rujak (rujak buah, rujak cingur)
  2. Tempe penyet
  3. Bakso
  4. Sate
  5. Mie
  6. Soto
  7. Rawon
  8. Gado-gado
  9. Ayam goreng 
  10. Camilan (tahu goreng, tempe goreng, kentang goreng, resoles, dan keripik balado)

Rujak buah dan tempe penyet - Tips Cara Mengatasi & Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut
Gambar 1. Rujak buah dan tempe penyet

Selain terkenal dengan khas masakan yang pedas, ada juga berbagai jenis sambal yang sudah banyak diolah dan sebenarnya merupakan produk baru yang diolah dengan diberi rasa pedas, misalnya:
  1. Abon pedas
  2. Saos sambal 
  3. Kecap pedas

Bermacam aneka sambal banyak dijual di pasar, mini market, dan toko-toko terdekat.
Jika sudah kewalahan dengan rasa sambal yang membakar lidah dan mulut, pasti ingin mencari solusi bagaimana caranya menghilangkan rasa pedas tersebut biar cepat hilang. Berikut adalah cara meredakan panas atau pedas di lidah atau mulut :
  1. Minum susu tanpa es atau yogurt. Lemak susu bisa menetralkan rasa pedas atau kandungan capsaicin pada cabe, sedangkan yogurt dapat menurunkan suhu tubuh.
  2. Minum air putih dicampur dengan gula tanpa es
  3. Minum teh manis tanpa es
  4. Minum kopi tanpa es
  5. Makan coklat
  6. Memakan jeruk nipis. Kandungan asamnya dapat mengatasi rasa pedas.
  7. Makan buah manis yang mengandung air dan bisa langsung dimakan disaat rasa pedas itu datang, misalnya: buah apel, buah anggur, buah pir, buah rambutan, buah manggis, dan buah-buah lainnya.

Susu teh kopi - Tips Cara Mengatasi & Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut
Gambar 2. Susu, teh, dan kopi

Beberapa cara di atas tertulis tanpa es. Kenapa harus tanpa menggunakan es? Karena air es dapat mengawetkan rasa pedas yang ada di mulut. Justru seharusnya pergunakanlah air hangat untuk mengatasi rasa pedas atau panas di lidah. Karena air hangat memiliki sifat melebarkan pembuluh darah yang dapat memperlancar penyaluran oksigen serta mengurangi pelepasan mediator radang.

Informasi terkait tips
  1. Tips alami menghindari dan memutihkan gigi kuning oleh kopi
  2. Resep dan cara membuat coklat valentine yang mudah sendiri