.com

Apa Itu Telegram & Fitur Kelebihannya - Aplikasi Messenger

f g+ t
Publikasikan :
Apa Itu Aplikasi Telegram Messenger & Fitur Kelebihannya
Apa yang dimaksud dengan Telegram? Pengertian atau definisi arti dari Telegram adalah sebuah aplikasi gratis sebagai pengirim pesan atau messenger yang berbasiskan Cloud-based dimana semua datanya langsung disimpan di server secara cepat dan aman.

Tentang nama Telegram, nama yang hampir mirip dengan Instagram. Kenapa kedua aplikasi tersebut memiliki persamaan pada pelafannya? Karena nama Instagram juga mengambil kata telegram sebagai salah satu kata pembentuknya. Sebenarnya nama Instagram adalah gabungan antara dua kata, yaitu instan dan telegram. Sedangkan aplikasi Telegram Messenger mengambil nama asli dari Telegram itu sendiri.

Apakah telegram dan aplikasi telegram mempunyai manfaat atau fungsi yang sama?

Secara umum dan berdasarkan sejarah, Telegram dikenal sebagai pesan atau informasi yang dikirim melalui alat bernama Telegraf, dimana proses pengirimannya menggunakan kode Morse. Tarif Telegram lebih murah jika dibandingkan dengan tarif telepon. Hal itu yang membuat Telegram menjadi populer pada tahun 1920. Sedangkan aplikasi Telegram dikeluarkan pada tahun 2013 oleh para pembuatnya, yaitu 2 bersaudara Nikolai Durov dan Pavel Durov.

Jika dilihat dari kegunaannya, sebuah telegram memiliki kesamaan dengan aplikasi Telegram yaitu untuk menyampaikan informasi.

02 Tampilan Telegram di smartphone dan tablet - Apa Itu Aplikasi Telegram Messenger & Fitur Kelebihannya
Gambar 1. Tampilan Telegram di tablet dan smartphone

Kelebihan atau Keunggulan Fitur Telegram
  1. Fitur Cloud-based menjadikan data dari Telegram tidak akan memenuhi ruang penyimpanan dari perangkat yang digunakan, serta tidak perlu lagi merasa takut akan kehilangan data yang disebabkan oleh adanya masalah pada perangkat yang dipakai.
  2. Tersedia di hampir semua perangkat dan berbagai sistem operasi, seperti smartphone (Android, Windows Phone, iOS : iPhone / iPad) serta komputer dan tablet. Dan bisa bebas berganti dari perangkat satu ke perangkat yang lain karena adanya fitur Cloud-based.
  3. Telegram disediakan secara gratis atau tanpa biaya dalam penggunaannya, serta tanpa adanya iklan yang mengganggu.
  4. Enkripsi pesan di Telegram akan menjamin keamanan serta privasi, baik itu secara personal maupun bisnis.
  5. Dapat digunakan untuk mengirim pesan, stiker, gambar, audio, video, dan data-data lainnya seperti doc, zip, mp3.
  6. Grup yang berkapasitas 5000 anggota.

Pada statistik yang ditunjukkan oleh pihak Telegram, angka pengguna Telegram berhasil mencapai lebih dari 100 juta pengguna aktif yaitu pada 2,5 tahun setelah aplikasi Telegram diluncurkan. Faktanya, sampai sekarang tepatnya Maret 2017 angka pengguna Android yang telah mendownload aplikasi Telegram masih berada pada angka 100 juta.

03 Telegram Playstore 100 juta - Apa Itu Aplikasi Telegram Messenger & Fitur Kelebihannya
Gambar 2. Telegram di Playstore

Melihat keunggulan fitur yang disediakan pada Telegram seharusnya aplikasi ini bisa mengungguli aplikasi messenger lain. Kalau mengenai waktu peluncuran memang Telegram bisa dibilang masih muda. Mungkin seiring berjalannya waktu Telegram bisa memiliki pengguna yang lebih banyak. Jika anda ingin mencobanya silahkan lihat cara install dan daftar Telegram, sangatlah mudah untuk melakukannya. Apalagi aplikasi ini ringan dan tidak memerlukan kapasitas yang besar.

Kata kunci : definisi pengertian arti apa itu yang dimaksud dengan kelebihan keunggulan fungsi kegunaan manfaat tentang fitur aplikasi telegram messenger adalah merupakan