.com

Apa Itu Nox Player? Spesifikasi & Cara Download & Install

f g+ t
Publikasikan :
Apa itu Nox Player? Spesifikasi & Cara Download & Install

Apa itu Nox?


Nox player merupakan aplikasi emulator Android. Mungkin ada yang belum tau mengenai istilah emulator, khususnya emulator Android. Jadi secara umum pengertian dari Nox adalah aplikasi untuk menjalankan game atau aplikasi yang berbasis Android di PC (baik itu berupa komputer ataupun laptop).

Bagi para gamers, Nox sangat disarankan untuk dipergunakan sebagai aplikasi bermain game-game yang ada di Android. Emulator Android lain yang juga bagus untuk gaming yaitu Koplayer dan Bluestacks. Masing-masing emulator memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

Di Nox pada saat memasuki permainan, bisa dilakukan key mapping dengan menggunakan fitur  Keyboard Control (shortcut-nya Ctrl + 1). Yang berarti tombol-tombol analog yang ada di game bisa di setting agar bisa menggunakan tombol-tombol keyboard ataupun mouse sebagai tombol alternatif. Jadi para pemain bisa dengan bebas menentukan tombol-tombol yang digunakan agar lebih nyaman dalam bermain.

Beberapa fitur Nox yang lain :
  1. Check for update untuk memeriksa apakah ada pembaharuan versi pada Nox.
  2. Screenshot untuk mengambil gambar dari tampilan yang ada di Nox.
  3. Fullscreen untuk merubah tampilan Nox player menjadi sebesar ukuran monitor.
  4. Increase dan Decrease volume, 2 tombol pengatur suara untuk menaikkan dan menurunkan suara.
  5. Add APK file untuk memasang atau install APK.
  6. Rotate untuk merubah tampilan Nox yang biasanya memanjang dari kiri ke kanan (posisi yang sering digunakan untuk bermain game) menjadi berdiri.
  7. Video recorder untuk merekam segala aktifitas pada Nox ke dalam bentuk video.
  8. Multi-instance manager untuk membuka Nox player baru. Biasanya hal ini digunakan jika Anda mempunyai akun lebih dari satu tetapi ingin membukanya di waktu yang bersamaan.


Mungkin di emulator Android yang lain selalu muncul iklan-iklan yang secara tidak langsung mengganggu para penggunanya, dan sampai saat ini hal tersebut belum terlihat pada aplikasi Nox. Namun di tampilan home Nox, selalu muncul satu ikon aplikasi yang selalu berubah-ubah setiap kali Nox dibuka, dan jika di klik maka akan menuju ke Playstore, lebih tepatnya menuju ke halaman install aplikasi tersebut.

Tampilan Nox selesai instal dan siap digunakan - Apa itu Nox Player Spesifikasi & Cara Download & Install
Gambar 1. Tampilan home atau awal Nox

Dan apabila Anda tidak terbiasa atau masih awam, pasti akan kesulitan mencari ikon Playstore di Nox, karena ikon Playstore-nya tidak secara langsung disediakan di home, tapi di jadikan satu di dalam grup Google. Buka ikon grup Google lalu seret ikon Playstore agar keluar dari grup, supaya nanti Anda lebih mudah untuk mengakses Playstore.

Nox Player disediakan di komputer yang bersistem operasikan Windows dan Mac. Bahasa yang bisa digunakan dalam memakai Nox ada 15 bahasa, diantaranya Bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Jerman, Belanda, Vietnam, Filipina, Spanyol, Portugis, Malaysia, dan lainnya.

Pengembang dan penerbit : Nox Digital Entertainment
Lokasi : Hongkong

Spesifikasi PC Untuk Nox


Spek atau spesifikasi yang dibutuhkan atau system requirements pada suatu komputer harus memenuhi syarat agar aplikasi Nox dapat berjalan dengan baik. Pada situs resminya tertulis bahwa aplikasi Nox Player tidak cocok dan bisa menyebabkan konflik error dengan aplikasi antivirus BitDefender atau Avast. Hal ini berkaitan dengan VT pada BIOS. Nox dan aplikasi antivirus bisa berjalan bersamaan dengan syarat VT dalam keadaan tidak aktif.

Pihak Nox menginformasikan bahwa ada dua spek sebagai acuan untuk mengetahui apakah suatu PC (komputer atau laptop) bisa menjalankan aplikasi Nox atau tidak. Yang pertama spesifikasi minimal yaitu spesifikasi yang rendah bagi Nox tetapi masih bisa digunakan untuk mengoperasikannya. Yang kedua spek yang disarankan yaitu spesifikasi yang bagus bagi Nox agar bisa berjalan secara optimal.

Spesifikasi minimal atau minimum requirements :
  1. Sistem operasi : Windows XP SP3 / Vista / 7 / 8 / 10 dan DirectX 9.0c
  2. Prosesor : Dual core Intel atau AMD
  3. Video : Mendukung Open GL 2.0 atau diatasnya
  4. Memori : 1.5 GB RAM
  5. Hardisk : 2,5 GB
Spesifikasi PC untuk Nox Windows 7 8 10 - Apa itu Nox Player Spesifikasi & Cara Download & Install
Gambar 2. Windows 7 8 10

Spesifikasi yang disarankan atau recommended requirements :
  1. Sistem operasi : Windows 7 / 8 / 10
  2. Prosesor : Multiple core yang mendukung VT-x atau AMD-V
  3. Video : Performa yang lebih tinggi akan lebih baik
  4. Memori : 4 GB RAM
  5. Hardisk : 2,5 GB

Cara Download dan Install Nox


File installer Nox bisa di unduh atau di download di situs resmi bignox. Ukuran file installer Nox adalah 277 MB untuk versi 5.0.0.1. Namun perlu diingat seperti yang tertulis di atas bahwa aplikasi Nox memerlukan hardisk sebesar 2,5 GB. Kemungkinan pada versi terbarunya, ukuran installer Nox akan bertambah. Namun jika memang ada pembaruan versi bisa langsung memeriksanya lewat aplikasi Nox.

Download Unduh Nox - Apa itu Nox Player Spesifikasi & Cara Download & Install
Gambar 3. Tombol Download di Bignox

Berikut adalah cara mengunduh dan install aplikasi Nox player :
  1. Silahkan menuju ke situs resmi bignox
  2. Cari dan klik tombol Unduh atau Download
  3. Tunggu proses download. Pastikan Anda tahu letak atau folder dimana nanti data hasil download ditempatkan.
  4. Setelah selesai ter-download, buka file unduhan tadi.
  5. Pastikan 'I have read and agree...' sudah tercentang. Klik tombol Install
  6. Tunggu proses install. Disarankan untuk menonaktifkan anti virus sebelum melakukan instalasi
  7. Ketika proses install selesai akan muncul tombol Start. Klik tombol Start tersebut.
  8. Tunggu proses Loading aplikasi Nox
  9. Pada awal pemakaian, akan muncul tampilan mengenai pengenalan tentang aplikasi Nox. Tekan tombol Next 2 kali dan tombol Got it 1 kali, atau kalau mau lebih cepat bisa langsung tutup dengan tombol x.
Install Memasang Nox - Apa itu Nox Player Spesifikasi & Cara Download & Install
Gambar 4. Tombol Install

Proses download dan install aplikasi Nox sudah selesai. Sekarang Anda bisa menggunakan Nox untuk menginstall dan menggunakan aplikasi Android yang diinginkan. Jika ada masalah pada saat menjalankan aplikasi Nox kemungkinan spesifikasi komputer Anda tidak sesuai dengan spesifikasi Nox seperti yang tertulis di subtopik Spesifikasi PC Untuk Nox di atas.

Topik bahasan :
  1. Apa itu Nox?
  2. Spesifikasi komputer untuk Nox
  3. Cara download dan install Nox