.com

Apa Itu Fortnite? Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install

f g+ t
Publikasikan :
Apa Itu Fortnite? Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install

Apa Itu Fortnite Battle Royale?


Fortnite ada dua mode game, yaitu mode Battle Royale dan Save The World. Bedanya mode Battle Royale itu PvP (Player versus Player) yaitu pertempuran pemain melawan pemain, sedangkan mode Save The Word itu PvE (Player versus Enemy) yaitu peperangan pemain melawan monster zombie.

Di sini akan dibahas Fornite - Battle Royale, adalah game gratis beraliran FPS (First Person Shooter) Battle Royale yang memiliki medan perang yang luas, disitu semua pemain yang berjumlah maksimal 100 pemain memiliki kemampuan membangun bangunan maupun menghancurkan bangunan, serta mereka harus saling membunuh untuk menjadi satu-satunya pemenang dalam permainan Fortnite.

Game Fornite Battle Royale kalau di film cara bermainnya seperti film The Hunger Game, pemenangnya adalah seorang pemain yang terakhir yang bisa bertahan hidup. Dan game mode seperti itu dinamakan Battle Royal. Ada beberapa game lain yang juga beraliran Battle Royal yaitu PUBG, H1Z1, dan Arma3.

Tetapi Fortnite memiliki keunikan tersendiri karena para pemain dapat membangun tembok dan atap yang bisa digunakan untuk membangun benteng pertahanan sendiri ataupun untuk membuat jalan cepat menuju bukit yang tinggi. Pengalaman dari beberapa pemain aliran Battle Royal, game Fortnite lebih santai jika dibandingkan dengan PUBG.

Gambar wallpaper - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install
Gambar 1. Fortnite

Game Fortnite dibuat oleh Darren Sugg dan diterbitkan oleh Epic Games pada tahun 2017. Sampai saat ini Fortnite bisa dimainkan di PC (komputer dan laptop), Mac, XBox One, dan PlayStation 4.

Spesifikasi Komputer Untuk Fortnite


Spek atau spesifikasi dari suatu PC baik itu berupa komputer ataupun laptop harus memenuhi standar dari game Fortnite agar bisa dijalankan. Berdasarkan tulisan yang ada di situs resmi Epic Game pada bagian Tanya Jawab, syarat spesifikasi komputer minimum yang diperlukan game Fornite akan ada perubahan dalam hal penambahan jenis hardware atau perangkat keras.

Dan jika dibandingkan dengan PUBG, spesifikasi game Fortnite bisa dibilang lebih ringan. Untuk sekarang Fortnite memerlukan spesifikasi komputer sebagai berikut :

Membangun tembok build wall - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install copy
Gambar 2. Pemain membangun tembok

Spesifikasi yang direkomendasikan atau Recommended system requirements :
  1. Kartu Grafis : Nvidia GTX 660 atau AMD Radeon HD 7870 setara DX11 GPU 
  2. Memori video : 2 GByte VRAM
  3. Prosesor : Core i5 2.8 Ghz
  4. Memori : 8 GByte RAM
  5. Sistem operasi : Windows 7/8/10 64-bit

Spesifikasi minimal atau Minimum system requirements :
  1. Kartu Grafis : Intel HD 4000
  2. Prosesor : Core i3 2.4 Ghz
  3. Memori : 4 GByte RAM
  4. Sistem operasi : Windows 7/8/10 64-bit + Mac OSX Sierra

Cara Daftar Download & Install Fortnite


Yang perlu di ketahui di sini, proses daftar, download dan install Fortnite agak rumit. Pertama daftar Fortnite, kemudian download dan install 'Epic Game Launcher', dan terakhir install Fortnite melalui Launcher tadi.

Besar file Epic Game Launcher yang bisa di download sebesar 30 MB. Sedangkan dalam menginstall Fortnite ukurannya sebesar 7,4 GB. Kemungkinan juga terdapat beberapa download lagi untuk update Launcher dan juga Fortnite-nya sendiri.

Form daftar - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install
Gambar 3. Form pendaftaran

Untuk mendaftar Fortnite silahkan menuju ke situs download fortnite yang ada di Epic Game terlebih dahulu. Di sana cari dan klik tombol Download. Akan muncul form pendaftaran [gambar 3], pendaftaran ini untuk membuat akun Fortnite dan Epic Game. Langsung saja lakukan pendaftaran :
  1. Pastikan pilih negara Indonesia
  2. Isi First name atau nama depan
  3. Isi Last name atau nama belakang
  4. Isi Display name atau nama dalam permainan (ID / username). Harus diisi minimal 3 sampai 16 karakter, bisa dengan angka, spasi, dan karakter simbol.
  5. Isi Email
  6. Isi Password atau kata kunci sesuai keinginan. Harus diisi minimal 7 karakter atau lebih, dan sisipi 1 angka atau 1 huruf, serta tanpa spasi
  7. Centang I have read and agree...
  8. Klik tombol Create account

Proses unduh atau download 'Epic Game Launcher' installer akan otomatis dimulai. Jika tidak terjadi proses download secara otomatis, bisa mengklik tombol Windows atau Mac untuk melakukan download manual. Pilih sesuai dengan operasi sistem pada PC anda. Setelah selesai download lakukan proses install :
  1. Buka atau jalankan file installer tadi
  2. Akan muncul form lokasi penginstalan. Tekan tombol Install
  3. Tunggu proses install
  4. Jika muncul perijinan, klik tombol Yes.
  5. Jika muncul perijinan firewall, klik tombol Allow access.
  6. Tunggu proses download update yang berlangsung secara otomatis [gambar 4]
  7. Setelah selesai mungkin akan muncul 2 perijinan lagi, klik tombol Yes
  8. Tunggu proses install otomatis

Update launcher Epic Game - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install
Gambar 4. Memperbarui Epic game launcher

Form login sign in Epic Game Fortnite - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install
Gambar 5. Sign up pada Epic game launcher

Setelah proses install selesai akan muncul form login [gambar 5]. Lakukan login sesuai dengan data pendaftaran tadi. Hanya 2 data yang perlu di isi dalam proses login, yaitu email dan password, setelah terisi klik tombol Sign in. 'Epic Game Launcher' akan terbuka. Dan proses selanjutnya adalah install Fortnite :
  1. Klik tombol Install [gambar 6]
  2. Centang 'I have read and agree...' dan klik Accept
  3. Muncul form lokasi, klik tombol Install
  4. Jika muncul perijinan, klik tombol Yes
  5. Tunggu proses install
  6. Setelah selesai proses install. Klik tombol Launch untuk bermain.

Jika pada saat proses install ternyata Anda ingin menundanya dan ingin melanjutkannya di lain waktu, jangan pernah menutup Launcher karena secara otomatis akan membatalkan dan menghapus hasil install yang belum mencapai angka 100%.

Data 7,3 GB bukanlah angka yang kecil. Usahakan agar proses install bisa langsung 100% selesai. Tidak perlu takut dengan koneksi internet yang tidak stabil, dan silahkan untuk menunda atau pause proses install, tetapi jangan mencoba untuk menutup Epic Game Launcher apalagi mematikan komputer, karena nanti harus mengulang proses install seperti pada awal pertama kali meng-install, yaitu pada angka 0%.

Install Fortnite melalui Epic Game Launcher - Apa Itu Fortnite Spesifikasi & Cara Daftar Download & Install
Gambar 6. Tombol Install Fortnite pada Launcher

Topik pembahasan :
  1. Apa itu Fortnite?
  2. Spesifikasi laptop untuk bermain Fortnite
  3. Cara daftar, download, dan install Fortnite