.com

Cara Mencari Teman di Telegram - Aplikasi Chat di Android

f g+ t
Publikasikan :
Cara Mencari Teman di Telegram - Aplikasi Chat di Android
Di aplikasi chatting atau messenger seperti Telegram diperlukan teman atau pihak kedua untuk melakukan kegiatan berkirim pesan, layaknya berbicara yang membutuhkan lawan bicara agar terjadi komunikasi dua arah.

Akan tetapi fungsi dari aplikasi Telegram bukan memfokuskan pada pencarian teman melainkan pada pengiriman pesan. Oleh karena itu diperlukan cara-cara tertentu untuk bisa menemukan seorang untuk dijadikan sebagai teman, khususnya bagi pengguna baru Telegram.

Di bawah akan dijelaskan beberapa cara alternatif atau trik dalam mencari teman di aplikasi Telegram. (Info : Telegram adalah)

Fitur Pencarian


Dengan fitur ini kita bisa mencari akun Telegram seseorang berdasarkan nama pengguna atau username. Bukan nama profil, nama lengkap, ataupun nama asli melainkan username yaitu nama unik yang hanya bisa dimiliki oleh satu pengguna pada aplikasi Telegram.

Namun hasil pencarian juga akan memunculkan beberapa hal yang berkaitan dengan kata kunci yang kita ketikkan di fitur pencarian. Misalnya nama grup, nama teman, isi pesan, dan hal-hal lain yang memiliki persamaan dengan apa yang kita cari.

Untuk mencobanya bisa dengan cara menerka username, misal ketikkan nama depan seseorang dan lanjutkan ke nama belakangnya tanpa spasi. Seringnya ketika kita ketikkan nama depan kemudian nama belakang walaupun hanya satu huruf maka pada hasil pencarian sudah muncul satu atau dua username seseorang.

Misalnya kita ingin mengetikkan nama lengkap 'Joko Widodo'. Ketika kita sudah mengetik kata 'joko', di hasil pencarian belum memunculkan rekomendasi username seseorang. Tapi ketika kita melanjutkan dengan mengetikkan nama belakang walaupun satu huruf menjadi 'jokow' maka akan muncul satu username, yaitu jokow.

Fitur pencarian username Telegram - Cara Mencari Teman di Telegram
Gambar 1. Hasil pencarian jokow

Perlu diketahui bahwa username di Telegram tidak memiliki spasi dan tidak mengenal besar-kecil suatu huruf atau tidak Case sensitive. Maksud dari 'tidak memiliki spasi' dan kaitannya dengan pencarian, dikarenakan username di sini harus tanpa spasi maka jika tetap dilakukan pencarian dengan menggunakan spasi maka hasil pencariannya akan kosong.

Maksud dari 'tidak Case sensitive', walaupun kita mengetikkan huruf besar dan kecil pada pencarian, maka username yang tampil akan tetap muncul meskipun berbeda pada besar-kecilnya huruf.

Kekurangan dari cara ini adalah kita harus beberapa kali mengetikkan atau mencoba sebuah nama agar sesuai dengan username yang ada di Telegram. Cara ini bisa disebut sebagai pencarian teman secara acak.

Bergabung di Grup


Jika dibandingkan dengan cara di atas, cara ini bukan lebih mudah tapi lebih baik, karena kita bisa melihat langsung nama profil sekaligus foto seseorang. Namun sebelumnya kita masih harus melakukan pencarian nama grup atau grupname, setelah menemukan grup di hasil pencarian, tanpa ikut atau bergabung ke dalam grup kita bisa langsung melihat anggota atau member dari grup tersebut. Dari situ kita bisa menseleksi atau memilih-milih orang yang ingin kita ajak untuk berteman.

Grup di Telegram - Cara Mencari Teman di Telegram
Gambar 2. Grup Family 100

Memang sedikit lebih rumit dari cara pertama tapi hasilnya lebih baik dan lebih banyak pilihan. Berikut adalah langkah-langkah atau cara mencari teman Telegram melalui grup di Telegram :
  1. Lakukan pencarian grup dengan mengetikkan grupname 'family100'. Grup ini hanya sebagai contoh, kita bisa mengetikkan grupname lain yang diinginkan.
  2. Jika muncul beberapa grup pada hasil pencarian, pilih salah satu.
  3. Tekan nama grup di atas untuk memunculkan keterangan atau deskripsi grup.
  4. Geser ke bawah untuk melihat para anggota grup
  5. Pilih salah satu anggota grup yang ingin dijadikan teman
  6. Mulai sapa atau kirim pesan

Pada aplikasi Telegram tidak perlu menambah teman atau kontak. Langsung saja kirim pesan kepada salah satu akun target, maka pesan dan akun tersebut akan tersimpan di server Telegram untuk selamanya.

Anggota grup Telegram - Cara Mencari Teman di Telegram
Gambar 3. Daftar anggota grup

Walaupun kita berganti perangkat, atau suatu saat terjadi kerusakan dan handphone harus diservis, maka tidak perlu khawatir, karena Telegram mempunyai sistem Cloud-based dimana semua data tersimpan di server secara langsung. Ketika kita mengakses kembali akun Telegram, maka semua data yang ada tetap berada di server dan tidak akan hilang.

Kembali mengenai grup Telegram. Jika kita lebih suka melakukan komunikasi secara bersama-sama atau beramai-ramai lebih baik langsung bergabung ke dalam grup daripada hanya mencari seseorang untuk berkomunikasi, atau dengan kata lain komunikasi 2 orang. Berbeda dengan di dalam grup, kita bisa berkenalan dengan semua anggota yang ada dan berkomunikasi secara terbuka.