.com

Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia

f g+ t
Publikasikan :
Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Aplikasi berkirim pesan atau chat / messenger sekarang sudah banyak dan mempunyai fitur keunggulan tersendiri. Salah satunya fitur bahasa yang disediakan untuk menarik minat pengguna dari seluruh dunia. Termasuk pengguna dari negara Indonesia.

Telegram juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pilihan dalam bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Indonesia, dan bahasa lainnya. Di bawah juga akan dijelaskan cara untuk mengatur Telegram agar tampil dalam Bahasa Indonesia. (Info : Apa itu aplikasi Telegram?)

Tapi taukah anda bahwa ternyata ada aplikasi lain yang bernama Telegram Indonesia.

Telegram Indonesia


Telegram Indonesia adalah aplikasi berkirim pesan di handphone yang bersistem operasikan Android. Namun jika dilihat dari komentar-komentar para penggunanya, Telegram Indonesia yang diterbitkan oleh TeliPort ini disinyalir hasil dari duplikasi aplikasi Telegram yang dipublikasikan oleh Telegram Messenger LLP. Aplikasi lain yang mirip dengan Telegram Indonesia adalah Teligram yang dibuat oleh Warriordevelopers inc.

Telegram Telegram Indonesia Teligram - Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Gambar 1. Aplikasi berkirim pesan

Aplikasi Telegram Indonesia mendapatkan rating 4,1 dari 582 orang dan telah dipasang atau di-install oleh 10 ribu sampai 50 ribu orang. Pembaruan atau update versi 0.1 tertanggal 27 November 2016.

Jika dilihat dari rating dan total pengguna, aplikasi Telegram Indonesia memiliki cukup banyak peminat. Namun jika dilihat dari versi dan tanggal update, Telegram Indonesia tidak dilakukan pembaruan sejak pertama kali diluncurkan.

Tetapi tertulis beberapa fitur yang menarik yang akan segera ditambahkan mungkin pada update selanjutnya. Fitur yang sama jika melihat daftar fitur yang juga akan diaplikasikan pada Teligram.

Dikarenakan daftar fiturnya yang panjang, berikut hanya beberapa fitur yang bisa dikatakan fitur yang sangat bagus (fitur lainnya bisa dilihat di halaman Telegram Indonesia di Playstore) :
  1. Telegram Bot ( AutoResponder )
  2. WhatsApp Bot ( AutoResponder )
  3. Facebook Massenger Bot ( AutoResponder )
  4. Facebook AutoPost

Sebelum mengunduh atau download, ada baikny terlebih dahulu melihat beberapa komentar dan review atau ulasannya. Seseorang dengan nama pengguna atau username fiki fauziyah pada 9 Oktober 2017 memberikan komentar, "Telegram nya ngeselin. Setiap buka pasti ada iklan. Loading lagi"

Hampir sama dengan komentar di atas, komentar pada 22 Juli 2017 oleh Jasman Efendi juga mempermasalahkan tentang iklan. Namun tidak hanya itu, beliau juga mengkritik opsi pilihan bahasa, "Alhamdulillah telegram nya masih ada, tp iklan nya menganggu dan judul nya telegram indonesia tp setting bahasa gak ada bahasa indonesia"

"Lumayan membantu. . tapi kalo bisa iklan nya di hilangin soal nya mengganggu.. iklan hilang kasih bintang 5. . !!!" tulis Yugi Setiawan, tertanggal 2 Maret 2017. Walaupun terganggu dengan adanya iklan, Yugi masih merasa terbantu dengan aplikasi Telegram Indonesia.

Penilaian, kritikan, dan saran disampaikan oleh eg goez pada 12 Februari 2017, "Aplikasi ini cloning dari telegram asli, hanya dirubah warna dan di ganti packname nya saja, ples di kasi iklan, cukup saya saja yang penasaran, lainya ga perlu di unduh yah,,"

Review ulasan - Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Gambar 2. Rating dan ulasan

Keempat komentar di atas adalah beberapa komentar yang ada di Playstore tepatnya di halaman Telegram Indonesia. Di sana kita bisa melihat komentar yang lain ataupun langsung mengunduh dan memasang atau install Telegram Indonesia.

Telegram Berbahasa Indonesia


Apabila anda hanya ingin menggunakan Telegram dengan tampilan dalam bahasa Indonesia, maka cukup dengan memakai Telegram yang asli dan mengubah pengaturan bahasanya menjadi Bahasa Indonesia.

Perlu di ketahui bahwa Telegram pada versi terbaru sudah secara otomatis tampil dalam Bahasa Indonesia ketika sudah terpasang atau ter-install, khususnya bagi pengguna yang terdeteksi berasal dari negara Indonesia.

Tombol menu Telegram - Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Gambar 3. Menu

Namun jika anda sudah menggunakan Telegram sejak lama dan masih tampil dengan menggunakan Bahasa Inggris, maka yang perlu dilakukan adalah mengubah setting atau pengaturan bahasa ke Bahasa Indonesia. Cara mengubah Telegram ke Bahasa Indonesia bisa dikatakan cukup mudah, yaitu sebagai berikut :
  1. Tekan menu yang berada di pojok kiri atas (gambar bergaris 3 [gambar 3])
  2. Pilih Settings atau Pengaturan [gambar 4]
  3. Geser ke bawah untuk mencari dan memilih Language atau Bahasa [gambar5]
  4. Pilih Bahasa Indonesia
Settings - Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Gambar 4. Settings

Language Bahasa - Telegram Indonesia - Cara Mengatur Ke Bahasa Indonesia
Gambar 5. Language