.com

Tips Mengendalikan Keseimbangan Beban Motor Pemula Terutama Wanita

f g+ t
Publikasikan :
Hal ini berhubungan dengan berat motor dan teknik keseimbangan. Mengendalikan keseimbangan beban motor sangat diperlukan selain untuk menjaga keseimbangan, juga untuk melatih kita pada keadaan macet, dalam keadaan macet yang kita lakukan adalah menarik gas dan mengerem.

Ada 3 cara alternatif atau trik agar bisa lebih mengendalikan beban motor. 3 trik tersebut adalah : Kenali beban motor, gerakan berangkat dan berhenti, keseimbangan dengan kaki.


Kenali Beban Motor

Rutinkan atau biasakan diri merasakan beban motor dengan beberapa cara, misalnya dalam keadaaan mesin mati, tuntun motor dengan berjalan disampingnya (gambar 1) atau menuntun motor dengan posisi tetap duduk dimotor dan kaki berjalan sambil menjaga keseimbangan motor (gambar 2). Anda bisa sering melakukannya ketika melewati gang/kampung yang mengharuskan pengendara motor untuk turun dari kendaraan dan mematikan mesin. Jika kita sudah bisa merasakan, secara otomatis kita bisa memposisikan tubuh kita untuk menanggapi berbagai keadaan motor agar tetap seimbang.

Hal diatas juga bisa membuktikan pernyataan, "Bisa karena terbiasa"

Menuntun berjalan disamping motor - Tips Mengendalikan Keseimbangan Beban Motor Pemula Terutama Wanita
Gambar 1. Menuntun disamping motor.

Menuntun dengan duduk di motor - Tips Mengendalikan Keseimbangan Beban Motor Pemula Terutama Wanita
Gambar 2. Menuntun dengan duduk | Kedua kaki turun menyentuh tanah

Gerakan Berangkat dan Berhenti

Pelajari dan kuasai kelemahan kita dalam hal keseimbangan dengan sering melakukan gerakan awal ketika kita berangkat berkendara (kita sebut gerakan "berangkat"), disini keseimbangan sangat diperlukan. Lakukan dengan keyakinan. Turunkan kedua kaki sembari tarik gas pelan-pelan, angkat kaki jika sudah dalam keadaan seimbang. Keseimbangan kedua saat kita akan berhenti (kita sebut gerakan "berhenti"). Dengan melonggarkan gas sembari menarik tuas rem pelan-pelan, turunkan kedua kaki tanpa menyentuh tanah untuk menjaga keseimbangan, sentuh tanah jika sudah dalam keadaan berhenti.

Latihlah berangkat dan berhenti lebih sering. Tips agar mudah melakukan berangkat dan berhenti adalah melakukannya dengan cepat. Misalnya, ketika berangkat langsung lakukan penarikan gas secara cepat dan teratur agar mencapai kecepatan yang cukup untuk mencapai kestabilan dalam keseimbangan. Teratur disini maksudnya tidak asal-asalan, tetap rasakan penarikan gas yang tepat. Ketika berhenti juga demikian, lakukan penarikan tuas rem secara cepat dan teratur.

Kecepatan sangat membantu dalam menyeimbangkan keadaan motor. Bayangkan jika motor diam dia tidak akan mempunyai keseimbangan dan akan jatuh, berbeda dengan motor yang berjalan pada kecepatan dimana dia bisa seimbang. Dalam kecepatan tersebut kita akan mudah mengatur keseimbangan.

Lakukanlah tips-tips ini dengan keyakinan, jika pengendara tidak yakin pasti akan gagal. Dan lakukan tips yang menggunakan kecepatan ditempat yang sepi atau tidak ada kendaraan lain.


Keseimbangan Dengan Kaki

Saat kita duduk di motor upayakan kedua kaki kita bisa menyentuh tanah. Jika anda wanita anda bisa memakai alas kaki yang memiliki tinggi lebih, seperti high heels atau wedges, dll. Biasanya dalam kecepatan rendah keseimbangan sulit dikontrol. Segera turunkan kedua kaki atau salah satu tanpa menyentuh tanah, hanya untuk menjaga keseimbangan, jika diperlukan lakukan pengereman dan turunkan kaki menyentuh tanah sembari berhenti (gambar 2). Ingat, kaki berguna untuk membantu menjaga keseimbangan.

Seperti akrobat sirkus berjalan diatas tali, orang yang berjalan biasanya memakai tongkat atau kayu panjang yang berfungsi sebagai penyeimbang, semakin panjang semakin mudah dalam mengontrol keseimbangan. Dalam hal ini, kaki kita adalah alat penjaga keseimbangan.

Keseimbangan berjalan diatas tali - Tips Mengendalikan Keseimbangan Beban Motor Pemula Terutama Wanita


Tips berkendarakan motor di jalan raya
  1. Pakailah alat pengaman dalam berkendara.
  2. Tetap berkendara di jalur paling kiri dalam kecepatan rendah.
  3. Jangan lupa nyalakan lampu standart. Dan nyalakan lampu sein/riting ketika akan berbelok.
  4. Jangan lakukan pengereman mendadak, karena bisa mengakibatkan tabrakan dari belakang.
  5. Jaga jarak antara anda dan kendaraan di depan anda. Untuk mengantisipasi pengereman mendadak.
  6. Tetap berkendara dengan berada pada jalur anda, tanpa melakukan gerakan aneh seperti zig-zag ataupun berbelok mendadak.

Dan yang tidak kalah penting yaitu jangan lupa berdoa dan tetap terus berusaha untuk belajar menguasai motor anda, baik itu menguasai keseimbangan motor, menguasai cara menaikkan dan menurunkan gigi motor, dan menguasai hal-hal lain mengenai motor anda. Selamat berkendara.

Informasi terkait