.com

Apakah Pengertian Dari Adobe Photoshop Itu?

f g+ t
Publikasikan :
Apakah Pengertian Dari Adobe Photoshop Itu?
Mungkin kita pernah mendengar kata Photoshop dari seseorang yang menyaksikan suatu gambar atau foto yang terlihat aneh atau janggal dan terkesan mustahil, karena memang aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe ini populer akan kemampuannya untuk merekayasa foto.

Tapi perlu kita ketahui bahwa Adobe bukanlah pembuat dari aplikasi Photoshop. Pembuat asli dari aplikasi Adobe Photoshop adalah 2 bersaudara, Thomas Knoll dan John Knoll. Namun penggagas utamanya adalah Thomas, sang mahasiswa  PhD dari Universitas Michigan. Sedangkan John, sang karyawan Industrial Light & Magic, ikut bergabung dalam pembuatan Adobe Photoshop ketika dia tertarik melihat kemampuan aplikasi Adobe Photoshop yang saat itu masih diberi nama Display oleh Thomas pada tahun 1988.

Dengan gagasan John, pada satu tahun berikutnya aplikasi Display di upgrade dan berganti nama menjadi ImagePro. Untuk mengetahui kelanjutan sejarah perkembangan dari aplikasi Adobe Photoshop sampai jatuh ke tangan perusahaan yang bernama Adobe silahkan menuju ke Sejarah Adobe Photoshop, di situ juga dapat dilihat perkembangan dari Adobe Photoshop berdasarkan versi dan waktu upgradenya.

Mengenai pengertian tentang Photoshop, apakah Photoshop itu? Definisi dari Adobe Photoshop adalah suatu program atau aplikasi (software) untuk mengolah dan mengedit foto atau gambar yang berjeniskan gambar bitmap atau raster. Berbeda dengan Adobe Illustrator (AI), dimana aplikasi ini digunakan untuk mendesain gambar berjeniskan gambar vektor.

Cara mengetahui apakah suatu gambar merupakan gambar vektor atau gambar raster adalah dengan cara diperbesar atau zoom-in dan dengan cara diperkecil atau zoom-out. Dengan cara-cara tersebut kita bisa melihat ciri-ciri dari masing-masing gambar. Jika gambar telah diperbesar dan terlihat pecah-pecah, maka gambar tersebut termasuk jenis gambar raster. Jika gambar tidak terlihat pecah-pecah maka gambar itu adalah gambar vektor.

Khusus untuk gambar vektor harus dibuka dengan aplikasi desain vektor seperti Illustrator atau Corel.

Perbedaan gambar raster dan vektor - Apakah Pengertian Dari Adobe Illustrator Itu?
Perbedaan vektor dan raster



Dengan Adobe Photoshop kita bisa membuat beberapa produk atau hasil karya, seperti selebaran / brosur, banner / spanduk, desain kaos, desain web, wallpaper, poster, logo, dan foto. Namun fungsi utama tetap sebagai aplikasi pengedit foto atau gambar yang bertipe raster atau bitmap. Fungsi-fungsi lain dari Photoshop bisa dilihat di Fungsi dari Adobe Photoshop.

Kata kunci : apakah apa itu arti yang dimaksud maksud dengan pengertian definisi aplikasi program software adobe photoshop adalah merupakan

Informasi terkait
  1. Apa itu Photoshop?
  2. Fungsi Photoshop & fungsi tool, toolbox, dan layer
  3. Sejarah Adobe Photoshop
  4. Cara mendesain watermark di Photoshop