.com

Tips Cara Mudah Belajar Menelan Obat Kapsul & Tablet Pahit

f g+ t
Publikasikan :
Tips Cara Mudah Belajar Menelan Obat Kapsul & Tablet Pahit
Terkadang masih berpikir lama untuk menelan obat, baik itu obat kapsul ataupun obat tablet. Obat kapsul dimana bentuk atau ukurannya yang terlihat begitu besar dan rasanya yang begitu pahit. Terutama jika obat kapsul tersebut tidak langsung tertelan, karena lapisan kapsul yang mudah meleleh oleh cairan di mulut dan akan menyebabkan rasa pahit oleh karena obat yang sudah tidak memiliki lapisan kapsul tersebut bersentuhan langsung dengan lidah yang merupakan indera pengecap. Berbeda dengan obat cair ataupun obat kunyah yang hampir tidak memiliki rasa pahit dan pastinya membuat peminumnya lebih mudah untuk mengkonsumsi obat tersebut.

Meskipun begitu, jika kita berada dalam keadaan sakit parah, maka harus ada niatan yang besar untuk belajar agar bisa menelan kapsul dalam bentuk besar dan bisa langsung menelannya. Keadaan lainnya yang bisa menjadi motivasi adalah karena ada penyakit yang memang harus disembuhkan dengan segera agar tidak mengganggu di hari esok saat bekerja. Walaupun terkadang oleh atasan diberi kesempatan untuk rehat sampai tiga hari di saat kita sedang terserang penyakit, namun hal tersebut tidak dapat dibiasakan karena bisa mengganggu proses pekerjaan yang tengah dikerjakan.

Agar bisa melanjutkan pekerjaan yang sudah terunda, maka belajar menelan pil kapsul adalah kuncinya. Perlu kita ketahui bahwa semua orang dewasa belum tentu bisa menelan pil kapsul. Bahkan masih ada beberapa orang dewasa yang menelan pil kapsul harus dengan cara dihaluskan terlebih dahulu dan diberi air agar bisa masuk ke dalam mulut, dimana seharusnya cara tersebut dilakukan khusus bagi anak-anak.

Obat pil kapsul tablet & permen cokelat m&m - Tips Cara Mudah Belajar Menelan Obat Kapsul & Tablet Pahit
Gambar 1. Kapsul (warna biru), tablet (warna putih, kuning & jingga), serta permen m&m

Hal tersebut biasanya akan membuat gengsi atau malu jika dilakukan di depan saudara, keponakan, adek, atau kakak. Oleh karena itu diperlukan solusi yaitu dengan cara belajar menelan obat. Caranya sebagai berikut :
  1. Menelan permen yang sifatnya gampang meleleh saat terkena cairan yang ada di mulut. Contohnya permen cokelat yang bermerk M&M.
    Caranya : Letakkan permen ke dalam mulut. Minum air putih dan telan air putih tersebut beserta permen secara bersamaan. Jika ingin melakukannya lagi, berilah jeda waktu agar permen sebelumnya bisa diolah terlebih dahulu oleh alat pencernaan.
  2. Menelan obat disertai buah-buahan yang manis (contohnya buah pisang) dan bertekstur lembek atau mudah menjadi lembek ketika berada di mulut. Hal tersebut agar obat dapat tertelan dengan lebih mudah karena dibarengi oleh buah. Selain berguna untuk mempermudah proses penelanan, rasa dari buah juga berfungsi agar kita tidak mudah dalam merasakan rasa pahit dari obat pil kapsul tersebut.
    Caranya : Kunyah seperlunya terlebih dahulu potongan buah pisang. Saat pisang sudah lumer di mulut, masukkan permen cokelat M&M atau permen lain. Telan pisang dan permen dan segeralah minum air putih untuk memaksimalkan proses penelanan.
  3. Menelan obat disertai nasi putih.
    Caranya : Sama dengan cara menelan obat disertai buah-buahan, yaitu kunyah nasi putih terlebih dahulu, lalu masukkan permen cokelat M&M. Setelah tertelan segera minum air putih. Walaupun nasi putih tidak memiliki rasa manis jika dibandingkan dengan buah-buahan, setidaknya nasi putih bisa menjadi alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan.
  4. Menelan obat dengan menahan air putih.
    Caranya : Hampir sama dengan cara di poin nomber satu. Minum dan tahan air putih agar tetap berada di mulut. Masukkan permen cokelat M&M atau permen lain ke dalam mulut dan segera telan secara bebarengan.
    Kenapa air putih terlebih dahulu? Dan kenapa harus dengan segera ditelan setelah memasukkan permen? Kedua hal tersebut dilakukan agar permen atau obat tidak ada kesempatan untuk menyentuh lidah yang akan menyebabkan terasanya rasa pahit di mulut.

Mungkin semua orang tidak mengetahui bahwa dengan seringnya meminum obat, lidah kita bisa mengalami mati rasa. Apapun makanan yang kita masukkan ke dalam mulut akan terasa hambar. Hal tersebut disebabkan oleh intensitas pergesekan antara lidah dengan obat yang sering di minum yang menyebabkan menumpuk dan menempelnya sisa-sisa obat di lidah.

Hal di atas sering dialami oleh pasien rawat inap yang menganggap bahwa makanan dari Rumah Sakit atau Puskesmas tidak memiliki rasa atau hambar, padahal yang membuatnya menjadi hambar adalah obat-obatan. Untuk mengatasinya kita bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah, sikat gigi, atau sikat gigi yang memiliki pembersih lidah di bagian belakang sikat.

Alat pembersih lidah - Tips Cara Mudah Belajar Menelan Obat Kapsul & Tablet Pahit
Gambar 2. Pembersih lidah di belakang sikat gigi dan alat pembersih lidah

Jika sudah berhasil belajar dengan beberapa cara di atas, maka bisa dipraktekan dengan menelan obat pil kapsul. Dan jangan lupa di saat akan membeli obat dengan merk atau jenis apapun, liatlah terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya. Semoga cepat sembuh agar dapat melakukan aktifitas kembali.

Informasi terkait tips
  1. Tips cara mengatasi dan menghilangkan rasa pedas di mulut
  2. Tips cara alami menghindari dan memutihkan gigi kuning oleh kopi dan rokok
  3. Tips cara meniruskan wajah atau pipi tembem secara alami
  4. Tips dan tutorial cara memakai lipstik yang baik dan benar