.com

Telegram di PC atau Laptop - Cara Download Install Daftar

f g+ t
Publikasikan :
Telegram di PC atau Laptop - Cara Download Install Daftar
Selain di perangkat smartphone, Telegram juga bisa digunakan di komputer. Terutama untuk PC atau laptop yang bersistem-operasikan Windows, Linux, dan Mac. Pada komputer, Telegram bisa dijalankan melalui 2 cara, yaitu dengan menginstall aplikasi Telegram (bernama Telegram Desktop) atau menggunakan web browser.

Mungkin ada yang belum paham mengenai web browser, web browser adalah aplikasi yang dipakai untuk berselancar atau browsing di dunia maya. Ada beberapa web browser yang sudah cukup dikenal, seperti Opera, Mozilla, dan Chrome. Atau anda bisa menggunakan Internet Explorer atau Microsoft Edge yang sudah menjadi aplikasi bawaan dari Windows.

Pemakaian Telegram melalui web browser dianggap lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan memakai aplikasi Telegram, karena tidak perlu melakukan proses download dan instalasi terlebih dahulu. Pada Maret 2017, aplikasi Telegram untuk komputer yang bisa di unduh atau di download berukuran sekitar 19 MB (versi 1.0.14)

Telegram di PC atau Laptop - Cara Download Install Daftar - Telegram Desktop
Gambar 1. Download Telegram Desktop

Apa perlu buat atau bikin akun Telegram? Jika sebelumnya sudah pernah mendaftar di perangkat lain seperti handphone ataupun tablet, maka jawabannya tidak perlu. Syarat atau hal yang diperlukan adalah sebuah perangkat handphone yang berisi nomer dan bisa menerima SMS. Di bawah ini akan dibahas mengenai tahapan-tahapan awal agar bisa mengakses Telegram melalui komputer, baik melalui web browser maupun dengan aplikasi Telegram.

Aplikasi Telegram di Komputer


Seperti yang dijelaskan di atas, penggunaan Telegram melalui aplikasi Telegram berbeda dengan via web browser, yaitu harus melalui proses download dan instalasi terlebih dahulu. Proses ini juga harus dilakukan terlebih dulu oleh pengguna messenger lainnya agar bisa menggunakan aplikasi yang tersedia untuk PC. Messenger lain tersebut adalah BBM (aplikasinya dinamakan BBM Blend), Line dan Whatsapp.

Berikut adalah cara download dan install aplikasi Telegram di komputer :
  1. Untuk mengunduh aplikasi Telegram silahkan menuju ke situs download Telegram.
  2. Klik tombol Get Telegram for Windows. Lanjutkan sampai proses unduhan dimulai. (di sini sistem operasi yang digunakan adalah Windows)
  3. Tunggu proses unduhan.
  4. Setelah selesai terunduh, install aplikasi Telegram dengan cara membuka file hasil unduh tersebut.
  5. Muncul opsi tentang lokasi file. Klik tombol Next.
  6. Muncul opsi tentang folder di Start menu. Klik tombol Next.
  7. Muncul opsi tentang shortcut di Desktop. Klik tombol Next.
  8. Klik tombol Install.
  9. Tunggu proses install.
  10. Setelah proses install berhasil, klik tombol Finish.

Setelah selesai melakukan beberapa cara di atas yaitu proses download dan install, maka selanjutnya adalah tahapan-tahapan masuk ataupun daftar :
  1. Buka aplikasi Telegram Desktop
  2. Klik tombol Start Messaging
  3. Pilih negara Indonesia dan isi nomer telepon (pastikan nomer ini bisa menerima SMS). Klik Tombol Next. 
  4. Jika sebelumnya kita sudah mendaftar Telegram (sebut saja Pendaftar Lama) maka secara otomatis lanjut ke poin 5. Jika sebelumnya belum mendaftar (sebut saja Pendaftar Baru) maka secara otomatis akan muncul pemberitahuan untuk mendaftar. Klik link atau tautan 'here'.
  5. Tunggu SMS berisi kode.
  6. Isi kode seperti yang tertera di SMS yang telah kita terima.
  7. Pendaftar Lama akan otomatis melihat tampilan chat dan sudah bisa menggunakan Telegram. Pendaftar Baru akan secara otomatis lanjut ke tahap ke-8 yaitu pendaftaran.
  8. Upload foto (bisa dilakukan setelah proses pendaftaran selesai), isi nama depan atau First Name, dan nama belakang atau Last Name. Klik tombol Sign up
  9. Selesai

Telegram di PC atau Laptop - Cara Download Install Daftar - Aplikasi Telegram
Gambar 2. Aplikasi Telegram Desktop


Telegram Via Web Browser


Dengan menggunakan web browser kita bisa menggunakan Telegram dengan cara mengunjungi situs yang telah disediakan oleh pihak Telegram. Chat atau messenger lain yang juga menyediakan fasilitas ini adalah WeChat, Whatsapp dan Line. Untuk Line hanya perlu menambahkan extension di Chrome.

Jika dibandingkan antara Whatsapp dengan Telegram, ada perbedaan diantara keduanya. Dimana untuk menggunakan fasilitas ini pengguna Whatsapp harus selalu mengaktifkan aplikasi Whatsapp di smartphone agar terus bisa tersinkronisasi dengan Whatsapp di komputer, jika smartphone mati atau terputus koneksi internetnya, maka Whatsapp di komputer juga mati atau tidak bisa digunakan.

Mekanisme tersebut membuat Telegram sedikit lebih unggul daripada Whatsapp. Untuk mengakses ataupun mendaftar Telegram via web browser silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Kunjungi situs login Telegram.
  2. Pilih negara Indonesia. Isi nomer handphone (pastikan nomer ini bisa menerima SMS). Klik Next.
  3. Muncul konfirmasi nomer handphone. Klik Ok.
  4. Tunggu kiriman SMS berisi kode yang dikirim oleh pihak Telegram.
  5. Pada langkah ini muncul kolom kode dan tautan atau link 'Edit phone number'. Jika terdapat kesalahan pengisian nomer handphone (pada langkah poin no 3), kita bisa menekan tautan tersebut untuk mengubah nomer handphone.
  6. Setelah menerima SMS berisi kode, isikan kode tersebut dikolom kode. Klik Next.
  7. Jika sebelumnya kita sudah mendaftar Telegram (sebut saja Pendaftar Lama) maka secara otomatis akan melihat tampilan chat dan bisa langsung menggunakan Telegram. Jika sebelumnya belum mendaftar (sebut saja Pendaftar Baru) maka secara otomatis lanjut ke langkah ke-8, yaitu proses pendaftaran.
  8. Isi nama depan atau First Name dan isi nama belakang atau Last Name. Klik Next.
  9. Selesai

Telegram di PC atau Laptop - Cara Download Install Daftar - Web chat Telegram
Gambar 3. Web chat Telegram

Setelah mengikuti cara-cara di atas, bisa kita ketahui bahwa langkah-langkah awal untuk mengakses Telegram sangatlah mudah. Dan selanjutnya kita bisa langsung menikmati Telegram melalui komputer, baik itu berupa PC desktop maupun laptop.