.com

Tips Sehat Cara Berhijab Yang Baik & Benar

f g+ t
Publikasikan :
Tips Sehat Cara Berhijab Yang Baik & Benar
Ingin berhijab seperti menggunakan jilbab atau kerudung tapi takut rambut rusak? Banyak persepsi bahwa wanita yang memakai hijab akan menyebabkan banyak masalah, seperti membuat panas bagian kepal, cepat berkeringat, membuat rambut cepat rontok, menimbulkan rasa gatal di kepala, cepat berketombe, rambut cepat lepek dan menimbulkan bau yang tidak enak. Sebenarnya semua masalah tersebut bisa diatasi dengan tips cara memakai hijab yang baik untuk kesehatan.

Panas di kepala, mungkin yang dimaksud adalah di saat terkena terik sinar matahari kulit kepala terasa panas dan pengap yang menyebabkan perasaan tidak betah berlama-lama untuk berjilbab atau berkerudung, dan akhirnya ragu untuk berhijab.

Cepat berkeringat, maksudnya hijab yang kita pakai tidak bisa membuat pergantian udara seperti saat tidak memakai hijab dan juga bisa mengakibatkan kuman-kuman bakteri.
Rambut cepat rontok, maksudnya rambut yang terkena kain hijab memang tidak bisa bernafas seperti saat tidak memakai hijab, maka rambut cepat rontok, cepat berketombe, cepat berkeringat dan menimbulkan bau tidak sedap.

Cepat terasa gatal dikepala, disebabkan saat kepala tertutup dengan hijab otomatis ruang gerak maupun peredaran udara menjadi terganggu. Apalagi jika pemakai hijab memiliki aktifitas sehari penuh, mulai dari pagi hingga malam hari, atau dari pagi hingga ketemu dengan pagi hari lagi.

Gambar atau foto polisi berhijab - Tips Sehat Cara Berhijab Yang Baik & Benar
Gambar atau foto polisi berhijab

Cepat berketombe, keringat di kepala seringkali menghasilkan ketombe, karena keringat memunculkan embun dari ubun-ubun kepala akibat aktifitas yang penuh. Setelah ketombe tersebut muncul akan menimbulkan rasa gatal. Jika sudah terasa gatal jangan terlalu sering digaruk dengan jari-jari tangan yang berkuku panjang. Selain membuat kulit terluka, hal ini juga akan menyebabkan banyaknya kerontokan rambut.

Rambut cepat lepek, maksudnya kepala yang berkeringat akan mengakibatkan rambut basah lepek dan menjadikan bau rambut tidak sedap saat menempel pada kain hijab.

Berikut adalah tips dan cara berhijab yang baik dan benar, yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bagi wanita berhijab (berjilbab / berkerudung) agar tetap sehat :
  1. Tidak perlu takut rambut terasa cepat panas. Kita bisa memakai alternatif hijab yang bahan kainnya mudah menyerap keringat dan tidak terlalu berat seperti kain kaos, terutama bagi pemakai hijab yang aktifitasnya sangat padat.
  2. Tidak perlu takut rambut menjadi lepek. Pakailah hijab yang tidak terlalu ribet saat dipakai. Hijab yang rumit akan menimbulkan keringat yang disebabkan stres atau frustasi ketika kita melakukan proses pemakaian hijab dengan model yang rumit.
  3. Tidak perlu takut berketombe saat memakai hijab. Disarankan untuk menghindari pemakaian penutup rambut kepala yang berbentuk seperti cepol karena bahan kainnya agak tebal yang bisa menyebabkan mudah berkeringat dan berketombe. Pakailah ikat rambut kepala yang tanpa cepol agar beban pada rambut kepala terasa ringan.
  4. Bila memiliki rambut panjang namun ingin mengurangi rasa gerah saat memakai hijab. Caranya dengan memotong rambut lebih pendek. Beberapa keuntungan dari rambut pendek, yaitu dapat memperlambat rasa gerah, menghemat biaya perawatan rambut seperti shampo, setelah rambut dikeramas rambut akan lebih cepat kering, dan tidak repot untuk menguncir atau menggelung rambut lagi saat memakai hijab.

Yang terpenting kita sebagai wanita muslim yang sehat harus mempunyai beberapa hijab sebagai ganti. Minimal pakailah satu hijab untuk satu hari. Untuk hijab yang dipakai setengah hari bisa dijemur di bawah terik sinar matahari selama 15 menit, agar keringat yang menempel pada kain hijab dapat mengering dan agar kuman dan bakteri bisa mati terkena sengatan matahari.

Kata kunci : tips cara berhijab berjilbab bagi wanita yang baik dan benar untuk kesehatan

Informasi terkait tips
  1. Tips cara melebatkan rambut secara alami dengan cepat
  2. Tips kulit sehat serta cara-cara memutihkan dan fungsinya
  3. Tips mengatasi badan berjerawat dan mencegah biang keringat
  4. Tips cara meniruskan wajah atau pipi tembem secara alami